KEISTIMEWAAN NABI MUHAMMAD


Oleh: Syaikh Abu Bakar Khouqir Al Makki As Salafi(1)
س1: ما هي خصائصه عليه الصلاة والسلام؟
Soal: Apa itu keistimewaan Nabi ‘alaihish sholatu wassalam?
ج: هي: ما خص الله به نبيه وميزه بها عن غيره، وبعضها من معجزاته، وهي كثيرة، وأفردها العلماء بالتصنيف، وأفردوا لها بابًا في بعض كتب الفقه، وأدخلوا بعضها في كتب العقائد.
Jawab: Yaitu apa yang Allah khususkan dengan kekhususan itu Nabi-Nya dan membedakannya dengannya dari selainnya. Sebagiannya termasuk mu’jizatnya, dan itu sangat banyak. Para ulama telah menulis karangan tersendiri dan menyendirikan suatu bab di sebagian kitab-kitab fiqih, dan memasukkan sebagiannya di kitab-kitab aqidah.
س2: اذكر لنا أهمها؟
Soal: Sebutkan kepada kami yang paling urgennya?
ج: نذكر منها ثمانية أشياء:
Jawab: Kami akan menyebutkan darinya delapan hal:
1- رسالته إلى كافة الخلق من الإنس والجن بالإجماع، والملائكة [في] أحد القولين، قال تعالى: ﴿ تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا ﴾. وفي حديث مسلم: «بُعثت إلى الخلق كافة».
1. Risalahnya yang ditujukan kepada sekalian makhluk dari manusia dan jin menurut konsesus (ijma’), serta malaikat menurut salah satu dari dua pendapat.
Allah berfirman:
تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا
Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” [QS Al Furqon: 1]
2- كونه خاتم الأنبياء فلا نبي بعده، ولا ينافي ذلك نزول عيسى عليه السلام في آخر الزمان؛ لأنه يحكم بشريعة نبينا ﷺ الناسخة لجميع الشرائع، والكافلة بحاجات البشر دينًا ودنيا، ولذلك ختمت النبوة.
2. Beliau merupakan penutup para nabi, tidak ada nabi setelahnya. Yang demikian itu tidak dinafikan dengan turunnya ‘Isa ‘alaihissalam di akhir zaman karena beliau akan berhukum dengan syariat Nabi kita shollallohu ‘alaihi wa sallam yang merupakan penghapus seluruh syariat, yang mencukupi hajat manusia, baik agama maupun dunia. Oleh karena itu telah ditutup kenabian.
3- أفضليته ﷺ على الخلق حتى الأنبياء، وما ورد من النهي عن التفضيل بينه وبين الأنبياء، فالمراد: ما يؤدى إلى التنقيص.
3. Keutamaannya shollallohu ‘alaihi wa sallam di atas seluruh makhluk bahkan para nabi sekalipun. Adapub adanya larangan pengkultusan keutamann antara beliaushollallohu ‘alaihi wa sallam dan para nabi yang lain, maka maksudnya adalah yang menjerumuskan pengurangan (hak dan kedudukan).
4- أن أمته أفضل الأمم؛ حيث كانت شهداء عليهم بتبليغ الرسل، ومعصومة من الاجتماع على ضلالة، كما أن أصحابه خير القرون كما جاء في الحديث.
4. Bahwasannya umat beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam merupakan umat terbaik, dimana mereka adalah saksi-saksi atas mereka dengan benarnya para rosul telah menyampaikan (risalah), dan maksum konsesusnya dari kesesatan. Sebagaimana para shahabat beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam merupakan generasi terbaik, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits [dalam riwayat Al Bukhori (2509) & Muslim (2533)].
5- حديثه وما فيه من جوامع الكلم؛ أي: الألفاظ القليلة المفيدة للمعاني الكثيرة، كما في حديث مسلم وغيره: «أعطيت جوامع الكلم، واختصر لي الكلام اختصارًا». وكما في الحديث الآخر: «أوتيت القرآن ومثله». أي: السنة، فلها حكم القرآن في الطاعة والإيمان، خصوصًا المتواتر، فلا ينطق عن الهوى.
5. Ucapan beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam adalah jawami’ul kalim, yaitu lafalnya sedikit namun mengandung banyak makna. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang dicatat Muslim dan lainnya:
«أعطيت جوامع الكلم، واختصر لي الكلام اختصارًا»
“Aku telah diberikan jawami’ul kalim, dan aku diberi perkataan yang amat ringkas(2).”
Juga di hadits lain, “Dan aku diberi Al Quran dan semisalnya.” Yaitu sunnah.
Maka sunnah mempunyai hukum sama dengan Al Quran dalam ketaatan dan keimanan, terlebih jika mutawatir. Dan beliau tiada berucap berdasarkan hawa nafsu.
6- الشفاعة العظمى في موقف القيامة، وهي المقام المحمود؛ لأنه يحمد فيه الأولون والآخرون، وهذه الشفاعة التي خص بها نبينا ﷺ من بين سائر الأنبياء هي العامة، فإنها هي دعاؤه ﷺ لربه في الفصل بين العباد بالحساب؛ لإراحتهم من هول الموقف, فهو أول شافع، وأول مشفع، وأول مَن يقرع باب الجنة.
6. Syafa’at ‘uzhma di padang mahsyar pada hari kiamat. Syafaat inil merupakanmaqom mahmud (kedudukan yang terpuji), karena beliau dipuji oleh orang-orang dari awal sampai akhir di dalamnya.
Syafaat inilah yang Allah khususkan untuk nabi kita shollallohu ‘alaihi wa sallam di antara seluruh nabi yang umum. Itu adalah doa beliau shollallohu ‘alaihi wa sallamkepada Robb-nya agar diputuskan di antara hamba-hamba dengan hisab karena mereka (manusia) akanistirahat dari gentingnya di padang mahsyar. Maka beliau adalah pemberi syafaat pertama dan yang pertama kali diberi syafaat, dan orang yang awal mula mengetuk pintu surga.
أما الشفاعة الخاصة للمذنبين المسلمين وأهل الكبائر منهم، فمما يؤمن بها أهل الدِّين والسنة، ولكنها غير خاصة به ﷺ.
فقد ورد عنه يشفع يوم القيامة: الأنبياء ثم العلماء ثم الشهداء، كما رواه ابن ماجه والبيهقي، عن عثمان بن عفان.
Adapun syafaat khusus untu para pendosa dari kalangan kaum muslimin dan tersangka pelaku dosa besar mereka, maka apa yang diimani ahli agama dan sunnah, namun itu tidak khusus untuk Nabu shollallohu ‘alaihi wa sallam.
Telah diriwayatkan dari beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam, di hari kiamat akan memberi syafaat: para nabi, kemudian para ulama, kemudian para syahid. Sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Majah dan Al Baihaqi dari ‘Utsman bin ‘Affan.
وقد جهل بعض الناس؛ فاعتقد أن من اتـخذ وليًا أو شفيعًا يشفع له وينفعه عند الله، كما تكون خواص الملوك والولاة تنفع من والاهم، ولم يعلم أن الله لا يشفع عنده أحد إلا بإذنه، ولا يأذن في الشفاعة إلا لمن ارتضى قوله وعمله من أتباع الرسل, فهو سبحانه المالك للشفاعة، والذي تطلب منه لا من الشافعين. نسأله تعالى أن لا يحرمنا شفاعته ﷺ.
Dan sebagian manusia tidak tahu, berkeyakinan bahwa siapa yang menjadikan seorang wali atau pemberi syafaat akan memberikan syafaat dan bermanfaat untuknya di sisi Allah, sebagaimana orang-orang khusus para raja dan pemimpin bermanfaat siapa yang menolong mereka. Dan mereka tidak mengetahui bahwsannya Allah tidak memberi syafaat kepada seorang pun di sisi-Nya kecuali dengan seizing-Nya, dan Dia tidak memberi izin kecuali kepada orang yang ucapan dan perbuatannya mengikuti para rasul; Dia ridhai. Allah Subhanah adalah pemilik syafaat, maka siapa yang minta harus kepada-Nya bukan dari orang-orang pemberi syafaat.
Kita memohon kepada Allah Ta’ala agar Dia tidak mengharamkan kita dari syafaat Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam.
7- زيارته ﷺ في حياته بالهجرة إليه، لتلقى أمور الدِّين عنه، والقيام بمصالحه، والتوبة على يديه، وطلب الاستغفار منه، أي: دعاؤه للمذنبين بالمغفرة، كما قال تعالى: ﴿ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذ ظَّلَمُوا أَنفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَّحِيمًا ﴾. وكانت الهجرة واجبة قبل الفتح من مكة.
7. Menziarahi beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam ketika beliau masih hidup dengan cara berhijrah kepadanya untuk mempelajari perkara-perkara agama darinya, menununaikan kemashlahatan-kemashlahatannya, bertaubat di hadapannya serta meminta agar dimohonkan ampun darinya shollallohu ‘alaihi wa sallam, doanya dengan maghfiroh untuk para pendosa dengan. Sebagaimana firman Allah:
﴿ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذ ظَّلَمُوا أَنفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَّحِيمًا ﴾
“Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” [QS An Nisa: 64]
Dan hijrah merupakan perkara wajib sebelum terjadinya fathu Makkah.
وكذا زيارة قبره الشريف تستحب للرجال والنساء، كما عدَّ فقهاؤنا ذلك في الخصائص؛ لأنه يكره زيارة النساء لغير قبره ﷺ.
قال ابن نصر الله: «من لازم استحباب الزيارة استحباب شد الرحل إليها».
Demikian juga menziarahi makam Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bagi laki-laki dan perempuan. Sebagaimana ahli fiqih madzhab kami (Hanabilah) menghitungnya termasuk dari keistimewaan, karena makruh bagi wanita menziarahi selain makamnya shollallohu ‘alaihi wa sallam.
Pentahqiq berkata, “Dianjurkannya menziarahi makam Nabi jika tanpa mengadakan perjalanan khusus menujunya seperti orang yang tinggal di Madinah atau orang yang datang menziarahi Masjid Nabawi. Adapun mengadakan perjalanan khusus menujunya, maka tidak boleh menurut pendapat yang benar berdasarkan sabda beliau, “Tidak boleh mengadakan perjalanan tertentu kecuali ke tiga masjid.” [HR Al Bukhori dan selainnya]
“Adapaun ziarah bagi wanita, maka pada asalnya adalah terlarang, berdasarkan sabda beliau, ‘Allah melaknat wanita-wanita yang banyak menziarahi makam.’ [HR At Tirmidzi dan ia berkomentra, “Hadits hasan.”]
“Tidak diriwayatkan dari Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam yang membuktikan bolehnya wanita menziarahi makamnya terkhusus karena tidak adanya dalil yang mengkhususkan, maka dalilnya tetap pada keumumannya.
“Sementara di sana terdapat silang pendapat di kalangan ulama dalam maslah hukum wanita menziarahi makam. Namun yang kuat adalah tidak boleh, sebagaimana yang ditetapkan Al ‘Allamah Bakr Abu Zaid di risalahnya, Juz’ fi Ziyarah An Nisa lil Qubur, cet. Ar Rusyd. Allahua’lam.”
وقال بعضهم: إن ذلك غير لازم، والمستحب شد الرحل بنية الصلاة في المسجد، ثم زيارة القبر الشريف بعد تحية المسجد، فالصلاة تضاعف فيه إلى ألف، ولو نذر شد الرَّحل إلى المسجد النبوي وجب عليه وفاء نذره.
Sebagian mereka mengatakan, bahwa yang demikian itu tidak perlu (kurang tepat). Yang dianjurkan adalah mengadakan perjalanan dengan berniat sholat di Masjid Nabawi kemudian ziyarah makam Nabi setelah mengerjakan sholat tahiyatul masjid. Karena sholat di dalamnya dilipatkan pahalanya sampai 1000. Sekiranya ada orang yang bernazar untuk mengadakan perjalanan ke Masjid Nabawi, wajib atasnya memenuhi nazarnya.
8. [Tidak ditemukan di matan]
Footenote___________
[1] Dinukil dan diterjemahkan dari kitab Ma La Budda Minhu min Umuriddin (hal. 108-110) karya Syaikh Al ‘Allamah Abu Bakar bin Muhammad ‘Arif Khouqir Al Hindi Al Makkirohimahulloh (1283-1349 H) dengan tahqiq Dr. ‘Abdulloh bin ‘Umar Ad Damiji (Ummul Quro University of Makkah).
Perlu diketahui bahwa risalah ini mendapatkan taqrizh (semacam pujian) dari sejumlah ulama, yaitu: (1) Mufti Mesir dan Syaikhul Hanafiyyah di Al Azhar Syaikh Muhammad Bakhit Al Muthi’i, (2) Syaikhul Hanabilah di Al Azhar Syaikh Ahmad Al Basyuni Al Azhari, (3) Ustadz ‘Abdul Warits bin ‘Abdush Shomad Ash Sho’idi Al Maliki Al Azhari, (4) Al ‘Allamah ‘Abdul Mu’thi As Saqo Asy Syafi’i Al Azhari, (5) Syaikh Abu Tholib Al Hanbali Al Azhari, (6) Al ‘Allamah Muhammad Adz Dzahabi Al Hanbali Al Azhari, dan (7) Al ‘Allamah Al Ustadz Husain Al ‘Abusi Al Hanbali Al Azhari.
Adapun yang saya nukil di sini disertai sedikit dari catatan kaki pentahqiq namun tidak secara lengkap sesuai kebutuhan menurut hemat saya.
Mengenai biografi penulis, silakan merujuk kitab Siyar wa Tarojim (hal. 22-24) karya Al Ustadz ‘Umar ‘Abdul Jabbar diterbitkan Tihamah.
[2] Kalimat pertama dari hadits itu «أعطيت جوامع الكلم»terdapat dalam Shohih Al Bukhoridan Shohih Muslim. Adapun yang disebutkan penulis, maka diriwayatkan Ad Daruquthni, ‘Abdurrozzaq dalam Al Mushonnaf, dan Ibnu Abi Syibah. Divonis dho’ifoleh Al Albani dalam Dho’iful Jami’ (1048) (I/301) dan Adh Dho’ifah (2864). (pentahqiq dengan ringkas).

0 komentar:

Posting Komentar

Murottal Quran 30 Juz Sheikh Maahir Al Mu'ayqali

Shalat Tepat Waktu !

KOLEKSI CERAMAH MP 3

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Al Qur'anku

Mushaf Al Qur'an

Jazakumullah Khayran

Daftar Isi

Al Qur'an dan Murotal

TvQuran

Kajian Ilmu Tajwid