Nama eBook: 9 Faedah Tentang Adab dan Akhlak
Penulis: Ustadz Aris Munandar خفظه الله
Pengantar:
Alhamdulillah, selanjutnya shalawat dan salam bagi Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan juga kepada keluarga, sahabatnya dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga suatu yang pasti, amma ba’du
Dikesempatan yang mulia ini kami ketengahkan Fawaid tentang Adab dan Akhlak, dihalaman muka ini kami sampaikan 2 faedah:
Fadah 1. Ilmu Itu Didatangi Bukan Mendatangi
Dari Abul Qosim at-Tafakur, aku mendengar Abu Ali al-Hasan bin ‘Ali bin Bundar al-Zanjani bercerita bahwa Kholifah Harun ar-Rosyid رحمه الله mengutus seseorang kepada Imam Malik bin Anas رحمه الله agar beliau berkenan datang ke istana supaya dua anak Harun ar-Rosyid yaitu Amin dan Makmun bisa belajar agama langsung kepada Imam Malik. Imam Malik menolak permintaan Kholifah Harun ar-Rosyid dan mengatakan, “Ilmu agama itu didatangi bukan mendatangi.”
Untuk kedua kalinya Kholifah Harun ar-Rosyid mengutus utusan yang membawa pesan sang kholifah, “Kukirimkan kedua anakku agar bisa belajar agama bersama murid-muridmu.” Respons balik Imam Malik, “Silakan, dengan syarat keduanya tidak boleh melangkahi pundak supaya bisa duduk di depan dan keduanya duduk di mana ada tempat yang longgar saat pengajian.” Akhirnya, kedua putra kholifah tersebut hadir dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Imam Malik. (Mukhtashor Tarikh Dimasyq hlm. 3769 — Syamilah)
Faedah 9. Bentuk Lain Durhaka Kepada Orang Tua
وَعَنْ مُجَاحِدٍ، قَالَ: لاَ يَنْبَغِي لِلْوَلِدِ أَنْ يَدْفَعَ يَدَ وَالِدِهِ إذَا ضَرَبَهُ، وَمَنْ شَدَّ النَّظَرَ إِلَّى وَالِدَيْهَ لَمْ يَبَرَّهُمَا، وَمَنْ أَدْخَلَ عَلَيْهِمَا مَايُحْزِ نُهُمَا فَقَدْ عَقَهُمَا
Dari Mujahid, beliau berkata, “Tidak sepantasnya seorang anak menangkis ketika ayahnya hendak memukulnya. Siapa yang memelototi ayah ibunya maka dia tidak berbakti kepada keduanya. Siapa yang membuat sedih kedua orang tuanya maka dia telah durhaka kepada keduanya.”
Download:
9 Faedah Tentang Adab dan Akhlak
Download CHM atau Download ZIP atauDownload PDF
http://ibnumajjah.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar

top