1. Puasa
Syawal
2 & 3. Puasa Arafah dan
Asyuro
8. Puasa
Dawud
1.
Enam Hari di Bulan Syawwal 1
Abu
Ayyub al-Anshari رضي الله عنه berkata: bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ
كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Barangsiapa
berpuasa Ramadhan, kemudian dikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawwal,
maka ia seperti berpuasa setahun."2
1. Silahkan baca eBook kami Puasa Sunnah Syawwal dan Amalan di Bulan Syawal untuk bahasan yang lebih
luas.
2. Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2125)], Shahiih Muslim (II/822,
no. 11640), Sunan at-Tirmidzi (II/129, no. 756), Sunan Abi Dawud (VII/86, no.
2416), Sunan Ibni Majah (I/547, no. 1716)
2 dan 3.
Hari ‘Arafah
1 bagi mereka yang tidak
menunaikan ibadah haji dan hari
'Asyura (hari kesepuluh dari bulan Muharram) serta sehari sebelumnya (hari kesembilan).2
Diriwayatkan
dari Abu Qatadah رضي الله عنه, ia berkata,
سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ
السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ. وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ،
فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَضِيَةَ
“Rasulullah
صلى الله عليه وسلم pernah ditanya tentang puasa hari ‘Arafah,
beliau menjawab, ‘Ia menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan yang akan
datang.’ Beliau juga ditanya tentang puasa hari 'Asyura, beliau menjawab, ‘Ia
menghapus dosa-dosa tahun lalu.”3
Dari
Ummu al-Fadhl bintu al-Harits رضي الله عنهما bahwasanya ada beberapa orang yang ada di
dekatnya pada saat di ‘Arafah sedang berselisih tentang puasa Rasulullah
صلى الله عليه وسلم di hari ‘Arafah. Ada sebagian mereka
berpendapat bahwa beliau berpuasa dan sebagian yang lain mengatakan beliau tidak
berpuasa, kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم dibawakan segelas susu, saat itu beliau
berada di atas untanya di ‘Arafah, lalu beliau meminumnya.4
Diriwayatkan
juga dari Abu Ghathfan bin Tharif al-Muri, ia berkata, “Aku mendengar Ibnu
‘Abbas رضي الله عنهما berkata, ‘Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم berpuasa ‘Asyura dan beliau menganjurkan
para Sahabat untuk berpuasa, mereka berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini
adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Kemudian
beliau bersabda, ‘Kalau begitu, pada tahun yang akan datang kita akan berpuasa
pada hari yang kesembilan (tasu’a) insya Allah.’ Ibnu ‘Abbas berkata, ‘Akan
tetapi belum sampai tahun depan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah meninggal dunia.’” 5
1. Baca eBook Kami Keutamaan 10 hari awal Dzulhijjah
2. Tentang Asyuro dan Bulan Muharram silahkan baca ebook
kami:
3.
Shahih:
[Irwaa-ul Ghaliil (no. 955)], Shahiih Muslim (II/818, no.
1162).
4. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/236, no.
1988), Shahiih Muslim (II/791, no. 1123), Sunan Abu Dawud (VII/106, no.
2424).
5. Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2136)], Shahiih Muslim (II/797,
no. 1134), Sunan Abu Dawud (VII/110, no. 2428
4. Puasa
Pada Sebagian Besar Hari di
Bulan Muharram
1
Dari
Abu Hurairah رضي الله عنه, ia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ
وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَيْلِ.
“Sebaik-baik
puasa setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, bulan Muharram
dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam.”
2
1. Tentang Asyuro dan Bulan Muharram silahkan baca ebook
kami:
5. Puasa
Pada Sebagian Besar Hari di
Bulan Sya’ban
1
فَمَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا
مِنْهُ فِي شَعْبَانَ
Dari
‘Aisyah رضي الله عنهما, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat
Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali
bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam suatu bulan
lebih banyak daripada bulan Sya'ban.” 2
1. Baca eBook Kami Ada Apa Dengan Bulan Sya’ban dan Serba-serbi Bulan Sya’ban
2. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/213,
no. 1969), Shahiih Muslim (II/810, no. 1156 (175)), Sunan Abi Dawud (VII/99, no.
2417)c. Suro dan Asyuro
2. Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2122)], Shahiih Muslim (II/821,
no. 1163), Sunan Abi Dawud (VII/82, no. 2412), Sunan an-Nasa-i (III/206), Sunan
at-Tirmidzi (I/274/436).
6.
Hari Senin dan Kamis
Diriwayatkan
dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما, dia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah
صلى الله عليه وسلم selalu berpuasa pada hari Senin1 dan Kamis, manakala beliau ditanya tentang
hal tersebut, beliau menjawab:
إِنَّ أَعْمَالَ اْلعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ
وَالْخَمِيْسِ
“Sesungguhnya
amal-amal hamba dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan
Kamis."2
1. Dan ketika Rasulullah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau
menjawab:
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ
عَلَيَّ فِيهِ
"Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus, dan hari diturunkan
al-Qur'an padaku." (HR. Muslim)
Akan disebutkan pula hadits dari Hunaidah bin Khalid pada point 9,
dimana disebutkan pula puasa senin dan Kamis.
2. Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2127)], Sunan Abi Dawud
(VII/100, no. 2419)
Dari
‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, dia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda kepadaku:
صُمْ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ، فَإِنَّ الْحَسَنَةَ
بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا, وذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ
“Puasalah
tiga hari dari tiap bulan. Sesungguhnya amal kebaikan itu ganjarannya sepuluh
kali lipat, sehingga ia seperti puasa sepanjang masa.” 1
Dan
disunnahkan untuk menjadikan tiga hari tersebut hari ketiga belas, empat belas,
dan lima belas. Berdasarkan riwayat dari Abu Dzarr رضي الله عنه, dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
يَا أَبَا ذَرٍّ, إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ
فَصُمْ ثَلاَثَةَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ
“Wahai
Abu Dzarr, jika engkau ingin puasa tiga hari dari suatu bulan, maka puasalah
pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas."2
1. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/220,
no. 1976), Shahiih Muslim (II/812, no. 1159), Sunan Abu Dawud (VII/79, no.
2410), tanpa kali-mat yang di tengah, Sunan an-Nasa-i
(IV/211)
2. Shahih: [Shahiih al-Jaami' ash-Shaghiir (no. 7817)], Sunan
at-Tirmidzi (II/130, no. 758), Sunan an-Nasa-i (IV/222)
Diriwayatkan
dari ‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ كَانَ يَصُوْمُ يَوْمًا
وَيُفْطِرُ يَوْمًا
“Puasa
yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Dawud,1
beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari.” 2
1. Bukhari dan Muslim meriwayatkan:
أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:
أُخْبِرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِّي أَقُولُ
وَاللَّهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلَأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ فَقَالَ
لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْتَ الَّذِي تَقُولُ
وَاللَّهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلَأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ قُلْتُ
قَدْ قُلْتُهُ قَالَ إِنَّكَ لَا تَسْتَطِيعُ ذَلِكَ فَصُمْ وَأَفْطِرْ وَقُمْ
وَنَمْ وَصُمْ مِنْ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَإِنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ
أَمْثَالِهَا وَذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ
مِنْ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمَيْنِ قَالَ
قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ
يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ قُلْتُ إِنِّي
أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لَا أَفْضَلَ مِنْ
ذَلِكَ
Bahwa 'Abdullah bin 'Amru رضي الله عنهما berkata; Disampaikan kabar
kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwa aku berkata; "Demi
Allah, sungguh aku akan berpuasa sepanjang hari dan sungguh aku akan shalat
malam sepanjang hidupku." Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya kepadanya
('Abdullah bin 'Amru): "Benarkah kamu yang berkata; "Sungguh aku akan berpuasa
sepanjang hari dan sungguh aku pasti akan shalat malam sepanjang hidupku?".
kujawab; "Demi bapak dan ibuku sebagai tebusannya, sungguh aku memang telah
mengatakannya". Maka Beliau berkata: "Sungguh kamu pasti tidak akan sanggup
melaksanakannya. Akan tetapi berpuasalah dan berbukalah, shalat malam dan
tidurlah dan berpuasalah selama tiga hari dalam setiap bulan karena setiap
kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa dan itu seperti puasa
sepanjang tahun." Aku katakan; "Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai
Rasulullah". Belau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan berbukalah selama
dua hari". Aku katakan lagi: "Sungguh aku mampu yang lebih dari itu". Beliau
berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan berbukalah sehari, yang demikian itu
adalah puasa Nabi Allah Daud 'alaihi salam yang merupakan puasa yang
paling adil". Aku katakan lagi: "Sungguh aku mampu yang lebih dari itu". Maka
beliau bersabda: "Tidak ada puasa yang lebih utama dari
itu"
2. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari III/16,
no. 1131), Shahiih Muslim (II/816, no. 1159 (189)), Sunan an-Nasa-i (III/214),
Sunan Abi Dawud (VII/117, no. 2431), Sunan Ibni Majah (I/546, no.
1712)
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ
تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ
شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ
Diriwayatkan
dari Hunaidah bin Khalid, dari isterinya, dari sebagian isteri Nabi صلى الله عليه وسلم, dia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم berpuasa pada hari kesembilan [awal] Dzul
Hijjah, hari 'Asyura, tiga hari dari setiap bulan, hari Senin pertama dari suatu
bulan dan hari Kamis.” 2
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبُّ إِلَي
اللهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنيِ أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ
اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ ؟ قَالَ: وَلَا الْجِهَادُ فِيْ
سَبِيْلِ اللهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ
مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ
"Tiada hari yang lebih di cintai Allah ta'ala untuk berbuat suatu
amalan yang baik dari pada hari-hari ini yaitu sepuluh hari Dzul Hijjah, para
sahabat bertanya," wahai Rasulullah, tidak pula dengan jihad fii sabilillah?
Rasulullah menjawab," tidak, tidak pula jihad fii sabilillah, kecuali jika ia
keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tak kembali lagi" (HR.
Bukhari)
Keutamaan sepuluh hari awal Dzulhijah berlaku untuk semua amal
sholih, tidak terbatas pada amalan tertentu, sehingga amalan tersebut bisa
shalat, sedekah, puasa, membaca al-Qur’an, dan amal sholih
lainnya.
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2129)], Sunan Abi Dawud
(VII/102, no. 2420), Sunan an-Nasa-i (IV/220)
Ketentuan dalam Melakukan Puasa Sunnah 1
Pertama: Boleh berniat puasa sunnah setelah terbit fajar jika belum makan,
minum dan selama tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Berbeda dengan
puasa wajib maka niatnya harus dilakukan sebelum fajar.
Dari ‘Aisyah رضي الله عنها, ia
berkata:
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ
يَوْمٍ فَقَالَ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ ؟ فَقُلْنَا: لا. قَالَ: فَإِنِى إِذًا صَائِمٌ،
ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَر. فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ أُهْدِيَ لَنَا حَيْسٌ
. فَقَالَ: أَرينيْهِ، فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا، فَأَكَلَ.
“Pada suatu hari, Nabi صلى الله عليه وسلم menemuiku dan bertanya,
“Apakah kamu mempunyai makanan?” Kami menjawab, “Tidak ada.” Beliau berkata,
“Kalau begitu, saya akan berpuasa.” Kemudian beliau datang lagi pada hari yang
lain dan kami berkata, “Wahai Rasulullah, kita telah diberi hadiah berupa Hais
(makanan yang terbuat dari kura, samin dan keju).” Maka beliau pun berkata,
“Bawalah kemari, sesungguhnya dari tadi pagi tadi aku berpuasa.” (HR. Muslim no.
1154).
An Nawawi رحمه الله memberi judul dalam Shahih Muslim, “Bab: Bolehnya melakukan puasa
sunnah dengan niat di siang hari sebelum waktu zawal (bergesernya matahari ke
barat) dan bolehnya membatalkan puasa sunnah meskipun tanpa udzur.
”
Kedua: Boleh menyempurnakan atau membatalkan puasa sunnah. Dalilnya adalah
hadits ‘Aisyah diatas. Puasa sunnah merupakan pilihan bagi seseorang ketika ia
ingin memulainya, begitu pula ketika ia ingin meneruskan puasanya. Inilah
pendapat dari sekelompok sahabat, pendapat Imam Ahmad, Ishaq, dan selainnya.
Akan tetapi mereka semua, termasuk juga Imam Asy Syafi’i bersepakat bahwa
disunnahkan untuk tetap menyempurnakan puasa tersebut.2
Ketiga: Seorang istri tidak boleh berpuasa sunnah sedangkan suaminya
bersamanya kecuali dengan seizin suaminya.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,
لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ
بِإِذْنِهِ
“Janganlah seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada kecuali
dengan seizinnya.” (HR. Bukhari no. 5192 dan Muslim no.
1026)
Imam An Nawawi رحمه الله menjelaskan, “Yang
dimaksudkan dalam hadits tersebut adalah puasa sunnah yang tidak terikat dengan
waktu tertentu. Larangan yang dimaksudkan dalam hadits di atas adalah larangan
haram, sebagaimana ditegaskan oleh para ulama Syafi’iyah. Sebab pengharaman
tersebut karena suami memiliki hak untuk bersenang-senang dengan istrinya setiap
harinya. Hak suami ini wajib ditunaikan dengan segera oleh istri. Dan tidak bisa
hak tersebut terhalang dipenuhi gara-gara si istri melakukan puasa sunnah atau
puasa wajib yang sebenarnya bisa diakhirkan.” 3
Beliauرحمه الله menjelaskan pula, “Adapun jika si suami
bersafar, maka si istri boleh berpuasa. Karena ketika suami tidak ada di sisi
istri, ia tidak mungkin bisa bersenang-senang dengannya.”4[]
1. Bab ini kami kutip dari tulisan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal di muslim.or.id. Ibnu Majjah
2. Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/35
3. Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 7/115
4. Idem
0 komentar:
Posting Komentar