Membaca Surat Al-Mulk Mencegah Adzab Kubur


قراءة سورة الملك تحمي المسلم من عذاب القبر ، ولكن كم مرة يجب أن يقرأها ؟ مرة في اليوم أو أكثر ؟.
Pertanyaan :
Membaca Surat Al-Mulk menjaga seorang Muslim dari Adzab Kubur, namun berapa kali ia wajib untuk membacanya? Apakah sekali dalam sehari atau lebih?
Jawaban:
Alhamdulillah
عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ” إن سورة من القرآن ثلاثون آية شفعت لرجل حتى غفر له وهي سورة تبارك الذي بيده الملك ” . رواه الترمذي ( 2891 ) وأبو داود ( 1400 ) وابن ماجه ( 3786 ) .
Dari Abu Hurairah, dari Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- berkata: “Sesungguhnya ada sebuah surat dari Al-Qur’an yang berjumlah tiga puluh ayat yang akan memberi syafa’at untuk seseorang sehingga ia akan diampuni. Ini adalah Surah Tabaarakalladzy biyadihil mulk [yaitu Surat Al-Mulk]. ” [H.R. Tirmidzy: 2891, Abu Daud: 1400 dan Ibnu Majah: 3786. Tirmidzy berkata: Ini adalah hadits hasan. Disahihkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam 'Majmu' Al- Fataawa' 22/277 dan Syaikh Al-Albany di 'Sahih Ibnu Maajah': 3053]
قال الترمذي : هذا حديث حسن ، وصححه شيخ الإسلام ابن تيمية في ” مجموع الفتاوى ” ( 22 / 277 ) ، والشيخ الألباني في ” صحيح ابن ماجه ” ( 3053 ) . والمقصود بهذا : أن يقرأها الإنسان كل ليلة ، وأن يعمل بما فيها من أحكام ، ويؤمن بما فيها من أخبار .
Yang dimaksud di sini adalah ia membacanya di setiap malam, dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya dari hukum-hukum, dan mengimani apa yang ada di dalamnya dari berita dan kabar.
عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر ، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة ، وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب .
Diriwayatkan bahwa Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: Barangsiapa membaca Tabaarak allaadzi bi yadihil-mulk [yaitu Surat Al-Mulk] setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur. Dan kami di zaman Rasulullah -shallallahu alaihi wa sallam- biasa menyebutnya al-maani’ah (yang melindungi). Dan sesungguhnya dalam Kitab Allah itu ada surah yang siapa pun yang membacanya setiap malam, maka ia telah beramal banyak dan baik. [H.R. Nasa'i: 6/179 dan dihasankan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Targhiib wa At-Tarhiib: 1475]
رواه النسائي ( 6 / 179 ) وحسنه الألباني في صحيح الترغيب والترهيب 1475 . وقال علماء اللجنة الدائمة : وعلى هذا يُرجى لمن آمن بهذه السورة وحافظ على قراءتها ، ابتغاء وجه الله ، معتبراً بما فيها من العبر والمواعظ ، عاملاً بما فيها من أحكام أن تشفع له . ” فتاوى اللجنة الدائمة ” ( 4 / 334 ، 335 ) .
Dan para ulama Lajnah Daimah berkata: ”Berdasarkan dengan kabar-kabar tersebut, maka diharapkan baginya untuk mengimani surat ini dan kontinu dalam membacanya, demi ridha Allah, dengan mengambil pelajaran yang terkandung di dalamnya dari hikmah serta mengamalkan apa yang ada padanya dari hukum-hukum, agar surat ini menjadi syafa’at baginya.” [Fatwa Al-Lajnah Ad-Daaimah 4/334-335]
Wallahu a’lam
http://islamqa.info/ar/ref/26240

0 komentar:

Posting Komentar

Murottal Quran 30 Juz Sheikh Maahir Al Mu'ayqali

Shalat Tepat Waktu !

KOLEKSI CERAMAH MP 3

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Al Qur'anku

Mushaf Al Qur'an

Jazakumullah Khayran

Daftar Isi

Al Qur'an dan Murotal

TvQuran

Kajian Ilmu Tajwid