SUASANA : Suasana kota Makkah yang mulai padat oleh jamaah haji

Senin, 15/10/2012 - 10:21:28 WIB
KOTA Mekkah sudah  mulai padat, hampir 1,5 juta calon jemaah haji (calhaj) dari seluruh dunia sudah berdatangan di kota suci tersebut. Puncaknya akan  terjadi nanti menjelang "closing date" (waktu penutupan) Bandara King Abdul Aziz Jeddah.
      
Hal itu disampaikan Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat ketika dihubungi, Semalam. "Sekarang ini sudah mulai padat hampir 1,5 juta calhaj dari seluruh dunia sudah berdatangan," kata Arsyad.
      
Ia mengatakan bus-bus yang masuk ke kota itu yang mengantar calhaj dari pemondokan ke Masjidil Haram, atau sebaliknya tidak selancar di hari-hari sebelumnya, khususnya di waktu-waktu saat akan salat, atau sesudah salat lima waktu.
    
Karena itu, lanjut Arsyad, dirinya menghimbau kepada para calhaj Indonesia agar mau bersabar, setelah salat lima waktu jangan buru-buru meninggalkan masjid untuk memberikan kesempatan kepada calhaj dari negara lain pulang, dan setelah jalan agak sedikit lengang baru kita meninggalkan Masjidil Haram.
    
"Sebab kalau calhaj Indonesia berbarengan pulang dengan mereka, maka dikhawatirkan akan terjebak dalam kemacetan. Karenanya, calhaj kita menunggu saja dulu di masjid setelah jalan lengang baru pulang ke pemondokan," papar Arsyad.
    
Ia mengatakan sampai Jumat malam calhaj Indonesia yang masuk kota Mekkah sudah lebih dari 116.000 orang. Arsyad menjelaskan cuaca di kota Mekkah sekarang ini 39 derajat celcius di siang hari  dan pada malam hari  29 derajat.(*)

0 komentar:

Poskan Komentar

top