indosiar.com, Mekkah - (Rabu, 24.10.2012) Meskipun jadwal keberangkatan Wukuf baru berlangsung Rabu ini, namun ribuan jemaah haji Indonesia sudah mendahului jemaah lainnya berangkat ke Mina. Mereka hendak melakukan tarwiyah atau sunnah rasul sebelum Wukuf di Padang Arafah. Keberangkatan mereka ini tidak direkomendasikan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Sebagian menumpang bus, sebagian lagi berjalan kaki sebagaimana yang dilakukan nabi dahulu.
Setelah menunggu beberapa jam, ratusan jemaah haji Indonesia yang hendak melakukan tarwiyah ini akhirnya berangkat ke Mina dari pondokan mereka di kota Mekkah.
Jemaah langsung mengenakan pakaian ihram dan rencananya langsung mengambil tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah. Kamis nanti, mereka baru akan berkumpul dengan jemaah lainnya yang baru berangkat Rabu pagi. Para jemaah ini sudah membuat pernyataan tertulis atas segala resiko.
Keberangkatan jemaah yang melakukan tarwiyah ini sudah berlangsung sejak Selasa siang. Karena tidak direkomendasikan pemerintah, sebagian dari mereka memilih pergi dengan menumpang bus, tetapi ada juga yang berjalan kaki sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, sejauh 8 kilometer.
Jemaah haji Indonesia di kota Mekkah saat ini berjumlah sekitar dua ratus ribu orang. Belasan ribu di antaranya memilih tarwiyah untuk mengawali Wukuf di Padang Arafah. Khusus sektor 11, ada 1.200 jemaah haji yang membuat surat pernyataan resiko jika terjadi sesuatu dalam perjalanan ke Mina. Otomatis, mereka tidak didampingi petugas haji dan juga petugas kesehatan. (Henny Murniati Supaidi/Sup)

0 komentar:

Poskan Komentar

top