Jumat, 05 Oktober 2012 | 11:00:46 WITA

MEKKAH -- Jumlah calon haji asal Indonesia yang meninggal hingga Jumat pagi telah mencapai 10 orang setelah tercatat terakhir pada Kamis (4/10) pukul 21.30 Waktu Arab Saudi atau Jumat pukul 01.30 WIB, atas nama Sumirat Prayitno bin Karyono, 53.

Sumirat yang tergabung dalam Kloter 17 Embarkasi Jakarta itu meninggal dalam perjalanan dari Jeddah menuju Madinah dan menurut catatan medis kantor Misi Haji Indonesia di Mekkah, Jumat, terkena serangan jantung.

Di Mekkah kini 25 jemaah haji menjalani rawat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI), sedangkan tiga lainnya masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi karena serangan stroke dan gagal ginjal yang mengharuskan pasien cuci darah dan seorang pasien lainnya menderita sakit paru-paru.

Sampai Kamis pukul 18.00 Waktu Saudi Arabia, telah tiba 30.508 calon haji asal RI di Mekkah dan jamaah ini terus berdatangan dari Madinah.

Sedangkan mulai 6 Oktober 2012, rute perjalanan jamaah haji Indonesia tidak lagi melalui Madinah sebelum ke Mekkah, tapi langsung dari Jakarta ke Mekkah setelah tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah (sekitar 70 km dari Mekkah).

Kedatangan jamaah haji dari seluruh dunia telah mulai tampak di Mekkah yang diindikasikan dengan penuhnya jamaah shalat Magrib dan Isya di Masjidil Haram, khususnya di lantai dasar serta halaman luarnya, Kamis, sementara lantai dua dan tiga mesjid tempat Ka'bah berada itu masih tergolong kosong.

Indonesia tahun ini mendapat kuota 211.000 calon haji, masing-masing 194.000 orang untuk haji reguler dan 17.000 kuota haji khusus yang dulu lazim disebut sebagai haji ONH (ongkos naik haji) plus. (mi)
http://www.fajar.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar

top