Nama eBook: Ja’far bin Abi Thalib رضي الله عنه
Penyusun: Ustadz Abu Faiz Sholahuddin حفظه الله
Pengantar:
Alhamdulillah, kita bersyukur dan memuji Allah Rabb sekalian alam, shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang perikehidupan belau adalah teladan paten bagi setiap muslim dalam segala sisi kehidupan.
Membaca dan mempelajari biografi para pendahulu umat adalah menjadi energi baru yang menjadi penyemangat dalam menjalani kehidupan yang penuh ujian di zaman yang penuh fitnah ini.
Setelah sekian lama biografi salafus sholeh tidak diposting di blog kita ini, dikesempatan yang mulia ini kami ketengahkan biografi salah satu sahabat, seorang ahli bait yang mana beliau adalah Abu Abdillah Ja’far bin Abi Thalib bin Abdil Muthalib bin Hasyim, anak paman Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Beliau adalah saudara kandung Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه. Beliau seorang yang sangat lembut kepada sesama terutama kepada orang-orang miskin sehingga beliau digelari Abul Masakin (bapaknya orang miskin). Beliau mendapat jaminan masuk surga dan akan memiliki dua sayap yang dapat terbang di surga ke mana pun yang beliau kehendaki.
Beliau adalah salah satu dari 3 pemimpin dalam perang mu’tah yang ternama, ketiga beliau menjadi pemimpin pasukan dan memegang bendera jihad maka orang kafir menebas kedua tangannya, maka iapun mendekap bendera hingga beliau syahid, Ibnu Umar رضي الله عنهما menceritakan, “Pada waktu itu, aku ikut serta dalam barisan peperangan, kami menemukan jasad Ja’far (رضي الله عنه) bersama dengan para syuhada yang lainnya, dalam keadaan pada tubuhnya dijumpai sebanyak 70 lebih luka tusukan yang semuanya mengarah ke dada beliau.”
Atas keberaniannya tersebut ia dijamin surga oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم, dan kedua tangannya diganti Allah عزّوجلّ dengan dua sayap yang mana dengannya ia dapat terbang kemana saja disurga.
Semoga Allah عزّوجلّ mengumpulkan kita semua bersama dengan para nabi dan para sahabatnya dan sahabat penghuni surga yang memiliki dua sayap dan dapat terbang ke mana pun yang ia kehendaki. Wallahul Muwaffiq.
Catatan: Pada versi CHM juga disertakan biografi Salafush Sholeh lainnya…
Download:
Download CHM mirror Download CHM  dan Download Word atau Download PDF

0 komentar:

Poskan Komentar

top