Adab Bercanda

Nama eBook: Beginilah Bila Nabi صلى الله عليه وسلم Bercanda
Penulis: UstadzAbu Abdillah al-Atsari حفظه الله

Sumber: 
Pengantar:
Kita memuji Allah dan bersyukur kapada-Nya, yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita, selanjutnya shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم,keluarga, sahabatnya dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari yang dijanjikan.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah teladan kita dalam segala aspek kehidupan baik dunia apatahlagi akan urusan akhirat, salah satu akhlak Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah bercanda dengan berbagai lapisan masyarakat.
Pada asalnya bercanda itu adalah boleh dengan syarat dan adab yang benar, diantaranya adalah larangan banyak tertawa sebagaiman sabda Nabi صلى الله عليه وسلم :
لَا تُكْثِرُوا الضَّحِكَ فَإِنَّ كَثْرَةَ الضَّحِكِ تُمِيتُ الْقَلْبَ
Janganlah kalian banyak tertawa, karena sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati. (HR. Ibnu Majah 4193. Dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam as-Shohihah 506)
Kemudian dalam eBook ini penulis -semoga Allah menjaganya- menyebutkan 10 adab dalam bercanda yang mesti menjadi perhatian kita semua dan ditutup dengan beberapa contoh canda Rasulullah صلى الله عليه وسلم, semoga dapat kita ilmui dan terapkan dalam mengasihi semua makhluk ilahi, amin…
Download:
Download CHM mirror Download CHM dan Download Word atau Download PDF

0 komentar:

Posting Komentar

Shalat Tepat Waktu !

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Followers

Al Qur'anku

Mushaf Al Qur'an

Jazakumullah Khayran

Daftar Isi

Al Qur'an dan Murotal

TvQuran

Kajian Ilmu Tajwid