Sudahkah anda tilawah da tadabbur Al Qur'an hari ini ?

CARA MENULIS “ANGKA ARAB” DI MS WORD 2007, 2010 : Cara Mengubah angka Latin menjadi angka Arab | Cara Membuat Halaman Word 2007 Dengan Angka Arab


Mengubah angka Latin menjadi angka Arab


SesudahKali ini penulis akan membahas bagaimana cara mengubah angka latin menjadi angka arab. hal ini diperlukan terutama bila kita sering menulis artikel atau tulisan yang tulisannya bercampur antara arab dengan latin ataupun sebaliknya.
Sebenarnya angka arab itu ya angka yang sering kita pakai yakni 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 0. sedangkan angka arab yang dimaksud dalam tulisan ini adalah angka arab yang biasa dipakai dalam tulisan arab yang sebenarnya adalah angka India. namun karena angka arab (1, 2, 3, dst) sering digunakan dalam tulisan latin seolah-olah angka tersebut adalah angka latin padahal angka itu adalah angka arab.
Langsung saja pada pokok pembahasan :

 Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Ketika kita selesai menulis (atau disetting dari awal juga bisa) klik kanan pada ribbon
Customize Quick Access

2. lalu pilih pilihan pertama atau ketiga (terserah)
3. akan muncul jendela “word option” pilih tab Anvanced
Advanced

4. pada bagian “Show document content” pada bagian numeral pilih “context” (dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan tulisan)
context

5. jika hal tersebut sudah dilakukan tekan tombol OK untuk mengeksekusinya.
6. bila tampilan tetap  (angka tidak berubah) coba pilih pilihan penulisan dari kanan ke kiri (right to left) dengan menekan tombol CTRL + SHIFT sebelah kanan keyboard atau dengan menekan tombol right to left pada ribbon home
right to left

Alhamdulillah beres juga nih posting semoga membantu ….
*******

Membuat Halaman Word 2007 Dengan Angka Arab

Ayah nanyain gimana caranya ngebuat halaman pada ketikan di microsoft word 2007 agar berubah menjadi angka atau huruf arab. Soalnya ayah aku sedang ngegarap skripsi Ilmu Politiknya dan Dosen pembimbingnya mengharuskan menggunakan halaman yang bernomor angka dalam Bahasa Arab. Kalau huruf arab, sudah ada pada pilihan format page number, tapi kalo angka arab yang kayak gini 
gak ada sob, harus d setting lagi dari word optionsnya.
Aku rasa gak perlu panjang lebar lagi, kita langsung ke gimana caranya untuk memberi halaman pada ketikan MS Word dengan menggunakan angka Arab.
Silakan lihat langkah-langkahnya pada gambar di bawah ini.
Langkah 1
Langkah 2 
Pilih wordoptions
Langkah 3
Pilih tab Advance–> Numeral.
Nah, pada langkah 3 ini, ada sedikit kerancuan, padahal yang kita ingin kan merubahnya menjadi Bahasa Arab, tapi pada langkah ini kita harus merubah tab numeral dari arabic kehindi. Entahlah, aku juga tidak tau mengapa begitu, kalo ingin bertanya silakan bertanya pada rumput yang bergoyang..
hehhe…
Langkah 4
Pilih tab Insert–>Pagenumber
Langkah 5
Pastikan seperti gambar di bawah.
Langkah 6
Langkah 7

Oke, dengan ke tujuh langkah tersebut, sekarang halaman anda sudah berubah menjadi angka huruf arab. Hehehe…
Untuk mengubahnya kembali ke angka biasa, rubah tab numeral dari hindi ke arabic.
Selamat mencoba.
http://kaahil.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More