Nama eBook: Pola Makan Sehat ala Nabi
Penulis: Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali A.M. خفظه الله
Alhamdulillah segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya, memohon, minta ampun kepada-Nya. Shalawat dan Salam senantiasa tercurah kepada beliau, keluarga, sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan sampai hari kiamat. Wa ba’du:
Sungguh kita mengimani firman Allah عزّوجلّ:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab/33: 21)
Ya Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah teladan kita dalam segala aspek kehidupan baik dalam urusan Ibadah maupun keseharian beliau dan salah satunya adalah dalam hal menjaga kesehatan dengan pola makan yang baik, beliau صلى الله عليه وسلم bersabda:
مَا مَلَأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ حَسْبُ الْآدَمِيِّ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ غَلَبَتْ الْآدَمِيَّ نَفْسُهُ فَثُلُثٌ لِلطَّعَامِ وَثُلُثٌ لِلشَّرَابِ وَثُلُثٌ لِلنَّفَسِ
“Tidak ada suatu bejana yang diisi manusia yang lebih buruk dibandingkan perut. Cukuplah bagi manusia beberapa suap (makanan) untuk menegakkan tulang punggungnya. jika dia tidak kuasa maka cukup sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk bernapas.” (HR. Ibnu Majah: 3340, dan dishahihkan oleh al-Albani dalam ash-Shahihah: 2265)
Beliau telah mencontohkan kepada kita bagaimana pola makan yang sehat dan beliau adalah orang yang sangat jarang sakit.
Dalam eBook ini penulis –semoga Allah menjaganya- setelah menyampaikan pengantar dan menyebutkan 9 Pola Makan Sehat ala Nabi:
  1. Makanan yang sehat hanyalah yang halal
  2. Mengonsumsi beragam makanan yang tersedia di negerinya
  3. Food balancing
  4. Tidak memaksakan diri terhadap sesuatu yang tidak disukai
  5. Menghindari yang sangat panas
  6. Minum dengan duduk, kecuali bila kondisi mendesak
  7. Sederhana dan tidak berlebihan tetapi tidak kekurangan
  8. Tidak membiasakan diri terlalu kenyang, kecuali saat-saat tertentu
  9. Menghindari pantangan termasuk ajaran islam
Selamat menyimak dan semoga kita dapat pula menerapkannya demi kesehatan kita, bukankah kita meyakini ‘Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati’…
Download:
Pola Makan Sehat ala Nabi
Download CHM atau Download ZIP
Sumber: ibnumajjah.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar

top