Beberapa Hadits Bab Taubat dari Kitab Riyadhus Shalihin :

"Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman! Agar kamu beruntung." (QS. An-Nuur: 31)

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu & bertaubatlah kepada-Nya." (QS. Huud: 3)

1.
"Demi Allah, sesungguhnya aku membaca istighfar & bertaubat kepada Allah sehari lebih dari tujuh puluh kali." (HR. Bukhari/Abu Hurairah ra)

2.
"Sesungguhnya Allah Ta'ala itu membentangkan tangan-Nya (memberi kesempatan) pada waktu malam bagi orang-orang yg bertaubat di siang hari. Dan Allah membentangkan tangan-Nya di waktu siang, untuk membuka taubat bagi orang-orang yg berdosa di malam harinya hingga matahari terbit dari barat." (HR. Muslim/Abu Musa al-Asy'ariy ra)

3.
"Barangsiapa yg bertaubat sebelum matahari terbit dari barat, pasti Allah menerima taubatnya." (HR. Muslim/Abu Hurairah ra)

4.
"Sesungguhnya Allah Yang Maha Agung akan menerima taubatnya seseorang sebelum nyawanya sampai di tenggorokan." (HR. Tirmidzi/Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khothab ra)


"Sesungguhnya Allah sangat senang menerima taubatnya seseorang, melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian menemukan untanya kembali yg hilang di padang pasir yg luas." (HR. Muslim/Anas bin Malik ra)

Dalam riwayat Imam Muslim yg lain di sebutkan: "Sesungguhnya Allah sangat gembira menerima taubat hamba-Nya, melebihi dari kegembiraan seseorang yg berkendaraan di tengah padang pasir, tetapi hewannya lari meninggalkannya, padahal di atas hewan tsb terdapat makanan & minuman. Kemudian dia berteduh di bawah pohon & membaringkan badannya. Ia benar-benar lelah & putus asa untuk menemukan kembali hewan yg di kendarainya tsb. Ketika bangkit, tiba-tiba ia menemukan kembali hewannya yg hilang, lengkap dgn barangnya. Ia segera memegang tali kekangnya seraya berkata, "Yaa Allah, engkau adalah hambaku & aku adalah Rabbmu." Ia keliru mengucapkan kalimat lantaran saking gembiranya.

0 komentar:

Poskan Komentar

top