masjid tuzlaMASJID, tempat ibadah kaum muslim memang selalu nyaman untuk didiami. Tempat yang nyaman dan menyejukkan untuk mencari inspirasi. Di negara dengan mayoritas umat muslim sangat mudah untuk menemukan masjid, begitu juga di Turki.
Bukan hal baru jika sebuah negara dengan mayoritas muslim membangun sebuah masjid. Uniknya, masjid ini dirancang khusus untuk muslim penyandang cacat di Turki. Salah satu wilayah di Turki tengah mencanangkan masjid khusus ini.
“Kami telah berkonsultasi dengan Departemen Agama tentang ambisi kami untuk merenovasi toilet di masjid Tuzla dalam rangka memudahkan mereka dalam berwudhu,” tutur Sadi Yazici, Walikota Tuzla di Istanbul, dalam sebuah konferensi pers yang dikutip oleh koran Hurriyet.
Berdasarkan rencana, masjid di wilayah tersebut akan dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan untuk para Muslim penyandang cacat.
Mulai dari toilet yang cocok untuk kebutuhan jamaah juga akan ditambahkan di dalam masjid. Selain itu, sebuah lift juga ditambahkan untuk memudahkan akses penyandang cacat ke tempat ibadah di lantai atas.
Penanda atau petunjuk di lantai juga ditambahkan di halaman masjid untuk membantu jamaah yang mengalami gangguan di matanya.
Walikota Tuzla juga berencana untuk merenovasi masjid Tuzla mirip dengan masjid-masjid lain yang ada di 58 kabupaten.
99 persen penduduk Turki beragama Islam. Tentunya, Turki memiliki ribuan masjid. Dan masjid yang paling terkenal di antaranya adalah Masjid Biru, yang ditandai dengan ubin berwarna biru menghiasi dinding interiornya. http://islampos.com

0 komentar:

Poskan Komentar

top