(ditulis oleh: Al-Ustadz Zainul Arifin)
Nisbah dan Kunyah Beliau
Beliau adalah seorang imam yang sangat cerdas, sangat alim, shalih, sangat tinggi budi pekertinya, dan merupakan sayyid para muhaqqiqin (ulama peneliti dan penilai), penutup bagi para huffazh (penghafal) yang unggul, dan penutup bagi para qudhat (hakim-hakim) yang tersohor. Beliau diberi gelar “syihab ad-dien” (cahaya agama ini). Ayah beliau memberi kunyah (memanggil) beliau dengan Abul Fadhl, Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad Al-Kinani Al-’Asqalani Al-Mishri. Asy-Syafi’i sebagai madzhabnya dan lebih dikenal dengan Ibnu Hajar.
Beliau adalah seorang imam yang sangat cerdas, sangat alim, shalih, sangat tinggi budi pekertinya, dan merupakan sayyid para muhaqqiqin (ulama peneliti dan penilai), penutup bagi para huffazh (penghafal) yang unggul, dan penutup bagi para qudhat (hakim-hakim) yang tersohor. Beliau diberi gelar “syihab ad-dien” (cahaya agama ini). Ayah beliau memberi kunyah (memanggil) beliau dengan Abul Fadhl, Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad Al-Kinani Al-’Asqalani Al-Mishri. Asy-Syafi’i sebagai madzhabnya dan lebih dikenal dengan Ibnu Hajar.
Kelahiran beliau
Beliau t dilahirkan pada tahun 773 H di Mesir.
Beliau t dilahirkan pada tahun 773 H di Mesir.
Kedudukan Beliau t di Kalangan Para Ulama
Ibnu Hajar telah mendapatkan kedudukan yang mulia dengan meraih posisi yang sangat tinggi, yakni beliau menjadi salah satu di antara deretan nama imam-imam ahli hadits yang besar dan seorang muhaqqiq unggul yang melebihi selainnya (dengan hasil karya) yang sangat baik.
Manusia yang sezaman dengan beliau sepakat untuk memberikan lafadz “Al-Hafizh” kepada beliau. Sejumlah besar ulama yang semasa dengan beliau telah memuji beliau, di antara mereka adalah syaikh beliau sendiri yakni Al-‘Allamah Al-’Iraqi dan beliaulah yang menggelari Ibnu Hajar dengan Al-Hafizh –dan sungguh beliau sangat memuliakan Al-Hafizh serta mempersaksikan bahwa Al-Hafizh adalah orang yang paling dalam pengetahuannya tentang hadits dibanding murid-murid beliau yang lain– di mana ketika detik-detik terakhir menjelang kematiannya beliau ditanya: “Siapa yang akan menggantikan anda sepeninggal anda?” Beliaupun menjawab: “Ibnu Hajar, kemudian anakku Abu Zur’ah, kemudian Al-Haitsami.”
Al-‘Allamah Al-’Iraqi berkomentar tentang Al-Hafizh –ketika menyifati dan memujinya: “(Al-Hafizh) adalah seorang syaikh yang berilmu,… Al-Fadhil (memiliki keutamaan), Al-Muhaddits (ahlul hadits), Al-Mufid (yang memberikan faedah), Al-Mujid (yang suka mengerjakan sesuatu dengan baik), Al-Hafizh yang mutqin (teliti), yang dhabith (kuat, teliti, seksama), yang tsiqah (terpercaya), yang ma`mun (dapat dipercaya, aman).…”
Murid Al-‘Allamah Al-’Iraqi yang lain yakni Al-‘Allamah Al-Biqa’i berkata tentang Ibnu Hajar: ”(Al-Hafizh) adalah Syaikhul Islam, perhiasan bagi semesta alam, pemimpin para imam yang ternama, cahaya bagi para pencari petunjuk dari pengikut-pengikut seluruh imam (yang ada), hafizhnya zaman, ustadznya masa, pimpinan para ulama dan raja bagi para fuqaha…”
Ibnu Hajar telah mendapatkan kedudukan yang mulia dengan meraih posisi yang sangat tinggi, yakni beliau menjadi salah satu di antara deretan nama imam-imam ahli hadits yang besar dan seorang muhaqqiq unggul yang melebihi selainnya (dengan hasil karya) yang sangat baik.
Manusia yang sezaman dengan beliau sepakat untuk memberikan lafadz “Al-Hafizh” kepada beliau. Sejumlah besar ulama yang semasa dengan beliau telah memuji beliau, di antara mereka adalah syaikh beliau sendiri yakni Al-‘Allamah Al-’Iraqi dan beliaulah yang menggelari Ibnu Hajar dengan Al-Hafizh –dan sungguh beliau sangat memuliakan Al-Hafizh serta mempersaksikan bahwa Al-Hafizh adalah orang yang paling dalam pengetahuannya tentang hadits dibanding murid-murid beliau yang lain– di mana ketika detik-detik terakhir menjelang kematiannya beliau ditanya: “Siapa yang akan menggantikan anda sepeninggal anda?” Beliaupun menjawab: “Ibnu Hajar, kemudian anakku Abu Zur’ah, kemudian Al-Haitsami.”
Al-‘Allamah Al-’Iraqi berkomentar tentang Al-Hafizh –ketika menyifati dan memujinya: “(Al-Hafizh) adalah seorang syaikh yang berilmu,… Al-Fadhil (memiliki keutamaan), Al-Muhaddits (ahlul hadits), Al-Mufid (yang memberikan faedah), Al-Mujid (yang suka mengerjakan sesuatu dengan baik), Al-Hafizh yang mutqin (teliti), yang dhabith (kuat, teliti, seksama), yang tsiqah (terpercaya), yang ma`mun (dapat dipercaya, aman).…”
Murid Al-‘Allamah Al-’Iraqi yang lain yakni Al-‘Allamah Al-Biqa’i berkata tentang Ibnu Hajar: ”(Al-Hafizh) adalah Syaikhul Islam, perhiasan bagi semesta alam, pemimpin para imam yang ternama, cahaya bagi para pencari petunjuk dari pengikut-pengikut seluruh imam (yang ada), hafizhnya zaman, ustadznya masa, pimpinan para ulama dan raja bagi para fuqaha…”
Hasil Karya (kitab) Beliau
Di antara karangan beliau yang paling penting adalah:
Di antara karangan beliau yang paling penting adalah:
- Fathul Bari bi Syarhi Shahihil Bukhari, merupakan kitab beliau yang paling agung.
- Tahdzibut Tahdzib.
- Lisanul Mizan.
- At-Talkhisul Habir.
- Ad-Durarul Kaminah fi A’yanil Mi`ah Ats-Tsaminah.
- Nukhbatul Fikar.
- Al-‘Ujab fi Bayanil Asbab, (naskahnya) belum sempat dibersihkan dengan sempurna.
- Syifa`ul Ghalal fi Bayanil ‘Ilal.
- Taghliqut Ta’liq ‘ala Shahihil Bukhari.
- Bulughul Maram min Jami’i Adillatil Ahkam, beliau meringkas Al-Ilmam karangan Ibnu Daqiqil ‘Id dan beliau memberikan tambahan atasnya.
- Al-Ishabah fi Tamyiz Ash-Shahabah.
- Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Wafat Beliau t
Beliau wafat pada tahun 852 H dan dimakamkan di Kairo. Semoga Allah I merahmatinya.
(Diambil dari Bulughul Maram cetakan Darul Aqidah hal. 3-4)-http://majelis-albarokah.com
Beliau wafat pada tahun 852 H dan dimakamkan di Kairo. Semoga Allah I merahmatinya.
(Diambil dari Bulughul Maram cetakan Darul Aqidah hal. 3-4)-http://majelis-albarokah.com
0 komentar:
Posting Komentar