Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur?an).
Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepadaNya, pasti Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dariNya dan limpahan karuniaNya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepadaNya.? 
(Surat 4 An-Nisaa  Ayat 174-175)
Kandungan Ayat:
- Ayat ini adalah seruan untuk seluruh manusia tanpa pandang agama, suku, ras, warna kulit dan bangsa.
- Telah datang kepada kita Burhan (bukti kebenaran) dari Allah, Tuhan kita.
- Bukti kebenaran Islam itu adalah dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadis, dan juga dalil-dalil dari akal kita tentang kebenaran itu.
- Bukti kebenaran itu juga ada pada ayat-ayat (tanda-tanda) kebesaran Allah yang ada dalam diri kita dan juga yang ada pada alam semesta ini, Kami akan memperlihatkan kepada mereka ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur'an itu adalah benar. (QS. Asy-Syuura: 53).
- Burhan (bukti kebenaran) itu juga ada pada diri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam dengan segala kelebihan dan mukjizat-mukjizatnya.
- Kebenaran itu dari Tuhan (Rabb) kita, Allah.
- Kebenaran ini adalah kebenaran yang sangat agung karena datangnya dari Rabb kita yang Maha Mengetahui akan kemaslahatan kita semua di dunia dan di akhirat.
- Allah telah menurunkan kepada kita Nur (cahaya) yang terang benderang yaitu Al-Qur'an.
- Al-Qur'an adalah kitab suci yang penuh dengan segala kebaikan dan berkah.
- Di dalam Al-Qur'an terdapat berbagai macam ilmu, kisah-kisah yang benar, nasehat, perintah untuk berbuat baik, larangan dari perbuatan buruk dan berbagai macam pelajaran lainnya yang sangat berharga dan perlu untuk kita pelajarinya.
- Membaca satu huruf dari Al-Qur'an diberi pahala satu kebaikan dan dilipatgandakan sampai sepuluh kali lipat.
- Manusia akan selalu berada dalam kegelapan apabila tidak menjadikan Al-Qur'an sebagai penerangnya dan selalu berada dalam kesengsaraan apabila tidak mengambil kebaikannya.
- Ayat ini adalah salah satu dalil bahwa Allah berada diatas sesuai dengan keagungan dan kemulyaanNya dan berbeda dengan makhlukNya, yaitu Allah menurunkan Al-Qur'an, turun adalah dari atas ke bawah. Dan ini adalah aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah berdasarkan dalil-dalil yang sangat banyak dari Al-Quran, Al-Hadis, ijma, akal dan fitrah.
- Dalam menyikapi Al-Qur'an manusia terbagi menjadi dua: a). Beriman dan berpegang teguh. b). Tidak beriman dan tidak berpegang teguh.
- Orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada Al-Qur'an adalah orang yang beruntung dan sukses di dunia dan di akhirat.
- Allah mencurahkan rahmat dan karuniaNya kepada mereka dengan memberikan kemudahan untuk berbuat baik, melipatgandakan pahala dan menyelamatkan mereka dari segala yang mencelakakan.
- Allah menunjuki mereka jalan yang lurus dan memberi mereka ilmu serta memudahkan mereka untuk mengamalkannya sehingga mereka bisa sampai ke taman-taman surga di akhirat.
- Adapun orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak berpegang kepada Al-Qur'an maka mereka tidak mendapatkan rahmat dan karunia dari Allah, bahkan Allah membiarkan mereka terlantar sehingga tidak mendapatkan hidayah bahkan mereka tersesat dengan kesesatan yang sangat jauh sebagai akibat dari keengganan mereka untuk beriman, merekalah orang yang merugi di dunia dan di akhirat. http://www.kajianislam.net

0 komentar:

Poskan Komentar

top