Sebanyak 79.196 Calon Haji Tiba di Mekkah


Rabu, 10 Oktober 2012 12:45
Mekkah, Gatranews- Sebanyak 79.196 calon haji Indonesia yang tergabung dalam 77 kelompok terbang (Kloter), pada Selasa pagi (9/10) telah berada di Mekkah. Jumlah tersebut lebih 30 persen dari kuota haji yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi, sebanyak 211.000 pada 2012.
Data terbaru tersebut didapatkan Antara dari Daker Mekkah, Misi Haji Indonesia, di Arab Saudi.

Meski baru 30 persen calon haji Indonesia yang berada di Mekkah, simbol-simbol Indonesia, seperti baju batik haji, peci berwarna hitam dan tas serta baju dengan label bendera Merah Putih, tampak dominan. Sehingga mereka mudah dikenali sebagai jamaah dari Indonesia.

Dari postur tubuh dan wajah-wajah warga Indonesia tampak sangat akrab. Mereka secara berkelompok mengisi ruang di hampir setiap sudut Masjidil Haram dan sekitarnya pada waktu-waktu shalat wajib setiap hari.

Selain di Masjidil Haram, jamaah Indonesia juga tampak di tempat-tempat umum seperti Pasar Brong di Jaqfaria dan tempat-tempat perbelanjaan berkelas menengah ke atas, seperti di Zam-Zam Tower, di samping halaman Masjidil Haram serta lokasi objek sejarah, seperti Gua Hira di Jabal Nur dan Museum Ka`bah.

Bahkan para pedagang di kios-kios pinggir jalan di Kota Mekkah juga dapat berbahasa Indonesia patah-patah seperti "ini murah", "lima real", "sepuluh real" dan "tidak mahal". Nuansa Indonesia juga tampak di hotel-hotel atau rumah pemondokan jamaah Indonesia yang restorannya memajang menu seperti, "soto ayam", "sop buntut" dan "nasi goreng".

Di antara restoran khas Turki, India dan Pakistan di pinggir-pinggir jalur utama ke dan dari Masjidil Haram, ada pula restoran khas Indonesia seperta Masakan Priangan dan restoran Sederhana masakan Padang yang tulisannya tertera dua bahasa, Indonesia dan Arab.

"Baru 30 persen jamaah Indonesia yang berada di Mekkah, apalagi nanti setelah 100 persen, tentu Mekkah akan dipenuhi warga Indonesia," kata seorang petugas urusan haji Indonesia Riko, yang baru pertama kali bertugas di Arab Saudi sekaligus akan menunaikan ibadah haji.

Tahun ini Kementerian Agama mengirim 800-an petugas haji yang mengurus segala keperluan baik pemondokan, ibadah, administrasi, serta urusan lainnya dibantu sejumlah tenaga musiman (temus) - para mahasiswa Indonesia yang belajar di negara-negara Arab atau warga Indonesia yang bermukim di negara-negara Arab, sebagai penghubung atau penerjemah antara jamaah haji dengan pihak Arab Saudi.

Seluruh jamaah haji dari seluruh dunia yang diperkirakan berjumlah sekitar dua juta orang akan tiba di Mekkah pada 20 Oktober 2012 karena pada pukul 24.00 pada hari itu Bandara King Abdul Azis Jeddah sebagai pintu masuk utama jamaah haji akan ditutup total untuk kedatangan jamaah.

Wukuf di Arafah sebagai bagian dari puncak pelaksanaan ibadah haji akan berlangsung pada 25 Oktober 2012. (TMA) http://www.gatra.com

0 komentar:

Posting Komentar

Murottal Quran 30 Juz Sheikh Maahir Al Mu'ayqali

Shalat Tepat Waktu !

KOLEKSI CERAMAH MP 3

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Al Qur'anku

Mushaf Al Qur'an

Jazakumullah Khayran

Daftar Isi

Al Qur'an dan Murotal

TvQuran

Kajian Ilmu Tajwid