Setelah merilis program pengingat sholat Shollu 3.09, ternyata ada beberapa kekurangan (bugs), yang menyebabkan beberapa fitur kurang sempurna. Kali ini sebagai perbaikan, Alhamdulillah Shollu versi baru bisa di rilis lagi. Shollu 3.10 berfokus pada beberapa perbaikan, kompatibilitas plus ada tambahan fitur baru.
Sebelum versi 3.09 perkembangan shollu sempat terhenti cukup lama (hampir 4 tahun lebih), sehingga ketika mencoba mengupdate, harus mempelajari ulang alur program shollu. Versi 3.09 di rilis dengan perubahan inti yang cukup banyak, serta penyesuaian terutama untuk Windows 7. Oleh karena itu tidak heran jika masih ada beberapa kesalahan/kekurangan yang sebelumnya berjalan normal, tetapi di versi ini belum sempurna.
Shollu 3.10 berusaha mengatasi berbagai kekurangan yang ada di versi 3.09 serta mengakomodasi permintaan beberapa pengguna yang bisa saya implementasikan dengan cepat. Beberapa perubahan, perbaikan atau fitur baru di versi 3.10 ini adalah :
  • Perbaikan masalah autostart atau autorun yang tidak berjalan di windows 7/Vista
  • Perbaikan suara azan damam yang seharusnya bukan untuk shubuh.
  • Tambahan bahasa Aceh (kontribusi dari mas Musanna Aditya)
  • Penambahan pengaturan opsi ukuran font Dropzone
  • Perbaikan pembuatan jadwal sholat dalam format HTML
Untuk perbaikan masalah autorun/autostart di Windows Vista/7, mungkin perbaikan ini belum final, jadi silahkan bagi yang sebelumnya bermasalah, dicoba versi ini, apakah sudah berjalan atau belum (membutuhkan tester dan masukan dari pengguna). Ukuran tulisan di waktu dan sisa waktu sholat yang tampil bisa diatur melalui klik kanan dan pilih menu Font Size. Tersedia mulai beberapa perbesaran.
Masalah di versi 3.09 juga terjadi ketika mencetak jadwal sholat dalam format HTML. Di versi 3.10 masalah pembuatan jadwal sholat insyaAllah sudah diperbaiki. Bagi yang sudah familiar dengan kode HTML, template pembuatan jadwal sholat bisa diubah sendiri. Silahkan buka saja file jadwal.tpl (sebelumnya file ini bernama jadwal.html) yang ada di folder installasi shollu 3.10 dengan text editor apa saja, karena ini hanya file html biasa.
Akhirnya, bagi yang ingin segera memperbarui versi shollu yang terinstall, silahkan download dari link Shollu di google code yang ada di bagian akhir tulisan ini. Jika masih ada masalah, silahkan di informasikan melalui komentar atau langsung email. Dan bagi yang ingin membuat, membantu mengembangkan atau sekedar melihat-lihat source kode program shollu bisa juga mengunduh dari google code (Jika memang bermanfaat, jangan lupa mengeklik bintang atau Google+ di halaman project shollu tersebut)
Ingin langsung mencoba? kunjungi link ini Program Shollu (All Windows)

0 komentar:

Poskan Komentar

top