Lima Juta Jamaah Haji Padati Mina dan Makkah

Makkah,Rangkaian prosesi ibadah haji hari ini mencapai tahap nafar awal. Tak kurang lima juta umat Islam sejak semalam hingga petang hari nanti memadati areal Mina dan Masjidil Haram.

Jutaan orang telah memadati Mina sejak sehari sebelumnya. Mereka melakukan prosesi melemparkan jamarat dan mabid (melewatkan sebagian malam) di Mina.

Puncak kepadatan terjadi antara menjelang waktu salat Dhuhur hingga Maghrib. Di waktu yang sesingkat itu, jumlah jamaah haji dari berbagai negara tumpah ruah di Mina untuk jamarat ketiga dan langsung tawaf wada di Masjidil Haram kemudian segera pergi dari Mina.

Peringatan puncak kepadatan ini disebarluaskan oleh kepolian Arab Saudi. Peringatan disampaikannya melalui SMS ke semua ponsel yang terdeteksi berada di kota Makkah.

"There is will be totally crowded and packed on Sunday 12 Dhul Hijja. For your safety and comfort we recommend that you avoid going to the Holy Mosque on 12 Dhul Hijja," demikian bunyi SMS itu. 

Pantauan reporter detikcom di Mina, Minggu (28/10/2012) 12 Dzulhijah, selepas Dhuhur jumlah pelontar jamaraat mencapai jutaan orang. Lima lantai yang disediakan untuk sesi melontar jamarat penuh sesak dan diberlakukan sistem buka tutup di jalur masuk masing-masing lantai.

Tiga helikopter dari militer Arab Saudi berputar-putar di lokasi buat memantau situasi. Sedangkan di darat, jumlah patrolinya ditambah. Petugas mengingatkan jamaah tak berlama-lama di lokasi melontar jumrah agar tidak terjadi macet.

Sementara itu jalur ke Masjidil Haram juga sangat penuh sesak. Di beberapa titik sebelum dan di terowongan Mina nampak kacau gara-gara menghindari pengemis Nigeria yang menggeletakkan diri di badan jalan.
http://news.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Murottal Quran 30 Juz Sheikh Maahir Al Mu'ayqali

Shalat Tepat Waktu !

KOLEKSI CERAMAH MP 3

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Al Qur'anku

Mushaf Al Qur'an

Jazakumullah Khayran

Daftar Isi

Al Qur'an dan Murotal

TvQuran

Kajian Ilmu Tajwid