JEDDAH: Ada banyak kisah unik dan menarik setiap kali musim haji tiba pada setiap tahunnya. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, ada banyak calon haji yang terpaksa berhaji di saat usia sangat lanjut karena beberapa sebab.

Kisah panjang yang dialami Karto Marsaid bin Sonodrono (110), jamaah calon haji asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini, cukup menarik.

Melangkah pelan, berkopiah hitam dan agak berbungkuk, Mbah Karto menelusuri selasar   Terminal Haji King Abdul Azis, Jeddah, Senin (8/10). Tercapai sudah cita-citanya untuk berangkat ke tanah suci. Cita-cita yang ditanam sejak 2000 lalu itu sempat kandas karena rumahnya hangus terbakar.

Dia lalu memupuk cita-cita berhaji itu dengan menabung lagi dari usaha tani dan berkebun. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Tahun 2007 istri tercintanya meninggal dunia.

Kini, tanpa didampingi seorang istri, warga senior dan tertua dalam rombongan haji Indonesia 2012 itu menjejak kaki di Jeddah, bergabung bersama kelompok terbang 6 dari embarkasi Banjarmasin dengan pesawat Garuda GA 8106.

Mantan pejuang itu masih kuat, ucapannya masih jelas dan pendengarannya masih cukup baik untuk ukuran seusianya.

Ketika ditanya apa resep awet mudanya, kakek kelahiran Magetan 20 Juli 1902 itu memberikan resep simpel, makan tiga kali sehari dan tidak banyak. "Setengah piring saja,” katanya, lalu berjalan kali setiap kali usai menunaikan shalat subuh.

Isterinya juga dikarunia usia cukup panjang untuk ukuran orang Indonesia, yakni 80 tahun. Dia mengatakan isterinya tidak sakit. Sehari sebelum meninggal masih jalan kaki di rumah anaknya di Jawa, keesokan harinya meninggal dunia.

Namun, yang lebih fantastis lagi usia ibu Karto jauh lebih lanjut dari pada dirinya, yakni 151 tahun. Dia mengatakan, keturunannya banyak berusia panjang. Usia panjang bagi Karto diisi dengan cita-cita mulia, menjalani ibadah haji. Dia mendaftar haji pada tahun 2010 dan tahun ini bisa berhaji.

Ke depan jumlah haji usia tua akan semakin banyak di Indonesia karena rata-rata masa tunggu sudah mencapai 7-9 tahun. Kemenag RI sudah mengeluarkan kebijakan untuk memprioritaskan jamaah usia senior.

Tahun ini diprioritaskan pada jamaah haji usia 87 ke atas dan tahun depan 84 tahun ke atas. Batas usia itu akan terus turun hingga ke batas usia 60 lalu 50 dan seterusnya.(antara/yus)

0 komentar:

Poskan Komentar

top