PULANG HAJI, PELOPOR SHOLAT ber JAMAAH
Arafah, Kamis, 9 Zulhijjah/25 Oktober 1433/2012

Penulis : Drs. HM. Kurniadi
30 Agustus 2012

Jamaah Arafah Rahimakumullah
Saudara-saudaraku yang sedang berada di Arafah ini, dan juga saudara-saudaraku di tanah air yang mungkin sedang dicekam kerinduan dan harapan; saat ini kami berada di tanah Arafah, tanah impian seluruh umat Islam sedunia.
Demi Allah, pertemuan ini disaksikan oleh Allah dan juga disaksikan oleh para malaikat, inilah saat dimana Allah membanggakan hamba-hambanya di depan para malaikat. Hamba-hamba yang datang dari seluruh penjuru dunia, dengan rambut kusut, badan berlelah letih, inilah saat yang amat dirindukan oleh hati hamba-hamba dari seluruh pelosok dunia yang setiap hari rindu dijamu oleh Allah di tanah Arafah ini. Ada yang keningnya sampai menghitam karena setiap malam sujud meminta kepada Allah; ada yang air matanya mengering karena terus mengucur setiap kali berdo’a, begitu berharap dipanggil oleh Allah; ada yang menabung dari hari ke hari. Entah mengapa ujian dan nikmat ini jatuh kepada kita yang kini sedang wukuf, padahal andaikata kita berani jujur pada diri kita sendiri, kita hanyalah ..... daging membalut tulang yang membungkus aib dan maksiat, yang dari hari ke hari kita lakukan. Membaca Al Fatihah pun kita belum fasih, sholatpun kita tidak mengerti, sujudpun jarang ingat kepada Allah. Entah mengapa kita dipilih bisa sampai di tanah Arafah ini, semoga siapapun yang dihadirkan di Arafah ini, tidak terbersit sedikitpun merasa hebat dan merasa besar. Bahkan jadikanlah hal ini sebagai hutang, karena siapa tahu kita bisa sampai di tanah suci ini justru berkah dari doa orang-orang soleh yang menginginkan kebaikan bagi orang-orang yang berdosa seperti kita. Mungkin dosa-dosa kita yang dimohonkan ampunan oleh saudara kita itulah yang mengantarkan kita berada di tanah suci ini.

Menjelang  idul adha tahun 1433 H/2012 ini,       jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia, 210.000 orang diantaranya adalah yang resmi dari Indonesia termasuk kita kita ini,  hari ini berkumpul ditanah suci arafah ini, guna memenuhi panggilan Allah, mengerjakan ibadah haji.

Setelah ini, kita akan kembali kenegeri kita, ketengah-tengah masyarakat kita,  Insyaallah semuanya membawa prubahan, paling tidak identitas baru, dengan tambahan nama “haji” dengan ciri khas penampilan peci putih, bahkan pakai jubah dan sorban, lengkap pakaian kebesaran bangsawan.

Tentunya bukan sekedar itu yang dicari, marilah kita berdoa  agar semuanya menjadi haji mabrur, kemabruran itu terpancar pada perilaku, sikap hidup sehari-hari, dalam hal ibadah kepada Allah, ibadah sosial sesama manusia dan juga terpancar pada sikap pergaulan sehari-hari. Amin-amin  ya Rabbbal alamin.

Jamaah  Arafah Rahimakumullah
Mereka yang belum berhaji, ditanah air sana, semuanya menunggu kita, mereka semuanya berharap kiranya perilaku kita yang terpancar dari haji mabrur itu dapat mereka tiru, kita menjadi teladan dalam kehidupan kita sesama. Dengan demikian pantasalah kita semua menyandang status haji mabrur, hingga pantas untuk  meraih apa yang dijanjikan dengan sabda Rasulullah;
                                         
Balasan yang paling pantas untuk haji mabrur itu hanyalah syurga.
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Disini, dan saat ini, kita semua punya banyak kesempatan untuk merenung, introspeksi diri, mari kita tanya diri kita masing masing,
a.     benarkah niat kita dalam berhaji ini sudah murni, hanya mencari ridho Allah, tidakkah dicampuri keinginan mencari gengsi, sanjungan, atau martabat dimata manusia dengan panggilan ”haji”,
b.    sudah siapkah untuk menjadi haji mabrur,
c.     sudahkah melakukan kebiasaan kebiasaan yang seharusnya dan semeestinya selaku orang yang sudah haji,
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Selama berhaji di tanah suci ini, kita, para jamaah haji, selalu dan selalu;
1. Selalu sholat berjamaah, di masjid, bahkan sampai 40 waktu berturut turut tanpa putus di masjid nabawi Madinah atau yang biasa dikenal dengan istilah sholat arba’in.
2.  Selalu melaksanakan sholat sunat Tahajjud dan rawatib, doha, dan sunat taubat.
3.  Banyak berzikir dan senang ber I’tikaf di Masjid,
4.  Banyak membaca Alqor an.
5.  Selalu  berpakaian menutup aurat
6.  Selalu memenuhi kewajiban serta menghormati hak orang lain.
7.  Selalu berlaku jujur
8.  Selalu menjauhi kemunkaran
9.    Selalu menghindari pertengkaran.
10.    Selalu  sabar menderita dan sabar menghadapi orang lain.
11. Tidak gampang marah.
12.  Suka membantu orang lain
13.  Tidak angkuh atau sombong.
14.  Tidak sayang berlebihan pada harta, tidak pelit.
15.   Sebelum berangkat, kita sudah menjauhi penghasilan yang haram atau syubhat,
Dengan melakukan semua itu kita berharap untuk bisa pulang dengan semangat haji mabrur. HAJI MABRUR, adalah HAJI YANG MEMBAWA PERUBAHAN  PERILAKU MENJADI LEBIH BAIK  DARI SEBELUM BERHAJI.
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Allah maha tahu apa hakikat haji mabrur itu,  akan tetapi Diri sendiri yang merasa, tetangga dan kawan-kawan yang melihat buktinya, oleh karena itu maka SETELAH PULANG HAJI,seharusnya, kita lebih suka banyak beribadah, sholat sunat, rawatib dan tahajjud, santun dan tidak sombong dalam bergaul, tidak pelit, suka menolong, menghindari yang haram dan syubhat, pakaian selalu menutup aurat,  rajin sholat berjamaah di masjid/langgar terdekat. terutama subuh, isya, apalagi magrib, jumlah haji yang terlihat dalam deretan  shaf,  tidak lebih sedikit dari jumlah orang yang sudah haji disekitar situ, jangan malah sebaliknya jumlah orang haji yang hadir saat tasmiyahan atau pengantinan, nampak cukup banyak tapi saat sholat berjamaah kopiah haji malah hampir tidak kelihatan,  orang orang yang sudah haji ,mestinya jadi teladan, pelopor sholat berjamaah,karena saat berhaji sudah melakukan sholat arbain,  berjamaah 40 waktu berturut turut tanpa putus di masjid Nabawi madinah. Bahkan saat di Makkah, seringkali dua jam lagi sebelum zohor sudah pergi kemasjid. Maka setelah pulang haji selalulah mengingat kenangan indah saat saat menikmati suasana masjidil haram Makkah dan Madinah, saat muncul rasa rindu pada masjidil haram, datanglah ke masjid, dan  sholat berjamaah, apalagi jika rumah dekat dengan masjid atau langgar.
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Banyak orang yang belum berhaji karena tidak punya uang ntuk datang ketanah suci ini, tapi mereka sudah mengamalkan   semua pekerjaan yang banyak dilakukan oleh orang berhaji selama mereka ditanah suci, seperti tersebut  tadi, Mereka mengamalkan segala amalan yang semestinya sebagai orang yang hajinya mabrur, hingga, meskipun belum dapat berhaji, insyaallah mereka sudah dapat mabrurya, Mari kita do akan, mudah-mudahan mereka diberi rezki oleh Allah yang dapat digunakan untuk berhaji, karena mereka sudah meraih mambrurnya. Amin ya rabbal alamin.
Jangan sebaliknya, kita yang sudah haji, sudah menyempurnakan Islam hingga rukun yang kelima ini, bahkan ada yang berhaji lebih dari sekali, tapi sehari hari tidak tampak seperti orang yang sudah berhaji.
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Banyak warga kita yang tertunda keberangkatannya ketanah suci ini, apapun sebabnya, tidak sedikit diantara mereka yang menggerutu bahkan ada yang marah marah, Padahal dengan tertunda itu,  Allah masih memberikan banyak kesempatan kepada kita untuk beribadah, dengan berbagai ibadah yang justeru tidak memerlukan pengeluaran uang yang banyak, banyak ibadah yang tidak memerlukan pasport ataupun suntik maningitis,  banyak ibadah yang dapat dilakukan tanpa harus menginap diasrama haji, tanpa meninggalkan anak dan isteri, tanpa perlu tanda tangan atasan. banyak kesempatan untuk sholat berjamaah sebelum arbain di masjid nabawi, cukup lapang untuk sholat sunnat rawatib, banyak peluang untuk tahajjud dan doha sebelum kita dapat ke masjidil haram, banyak orang yang memerlukan shodaqah dari tangan kita.
Dan dengan melakukan itu semua, berarti segala perilaku yang menjadi tanda tanda orang yang haji mabrur, sudah Allah berikan pada mereka sebelum orangnya sampai ketanah suci.
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Mari kita  membuka hati, dan kita pastikan, sejak hari ini, bahwa diri kita masing masing, yang sudah berhaji ini, akan menjadi pelopor gerakan sholat berjamaah, mari kita para haji, bersama sama meramaikan masjid atau langgar dengan sholat berjamaah, agar kiranya dengan rida dan brakah dari Allah, kita dapat bersama sama membangun kembali kehormatan bangsa  Indonesia yang sebagian besar warga negaranya beragama Islam ini. Marilah kita mulai dari diri kita, menjadi orang orang yang jujur, tidak mau culas dalam berdagang, atau terlibat koropsi, bangsa yang punya rasa malu, malu berpakaian terbuka aurat, malu melakukan kemunkaran, malu memakai harta milik negara untuk kepentingan pribadi, menjadi orang yang santun dan tawaddhu’tidak menyombongkan diri, suka memberi bukan mengibuli, suka menolong bukan menyakiti,  sabar tidak gampang marah atau memaki maki. Memenuhi segala kewajiban bukan mengingkari janji,  menghargai perdapat orang lain bukannya mementingkan menang sendiri, jadi haji mabrur yang menjadi teladan sholat berjamaah, bukan orang yang suka sholat menyendiri dirumah sendiri.
Orang yang tinggal di dekat masjid, semestinya ia tidak melaksnakan sholat kecuali di masjid.
Jamaah Arafah Rahimakumullah
Ada anggapan dimasyarakat, bahwa orang yang baru pulang dari berhaji, mereka masih diikuti malaikat hingga 40 hari, dianggap 40 hari do’anya masih dikabulkan, karena itu maka setiap ada kesempatan   orang meminta do’a darinya. Begitu agungnya kita dalam pandangan masyarakat, karena itu maka kita haruslah menjaga keagungan itu dengan membuktikan bahwa kita adalah haji yang mabrur, mabrur yang diikuti dengan perilaku teladan dalam hal sholat berjamaah, berbusana muslimah, berperilaku santun, jujur , dan suka menolong. Jangan sampai kita menjadi rendah kembali karena kita mengabaikan sholat berjamaah, berpakaian terbuka aurat, sombong, culas dan pelit.
Ya Allah, tolonglah kami ntuk selalu berzikir kepada Mu, bersyukur kepada Mu serta menyempurnakan ibadah kepada Mu. Amin ya rabbalalamin.
Orang yang mau memakmurkan masjid hanyalah orang orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, menegakkan sholat, dan membayar zakat. Dia tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah, pastilah mereka itu termasuk orang orang yang mendapat petunjuk.

Ya Allah wahai zat yang Maha Mendengar Tiada Tuhan selain Engkau wahai yang Maha Menatap, Engkau menjanjikan hari ini adalah hari yang penuh kemuliaan Engkau menjanjikan hari ini hari diampuni lumuran dosa-dosa Engkau pula yang menjanjikan hari ini diberi orang-orang yang meminta Engkau pula yang menjanjikan diijabahnya doa-doa .
Ya Allah, inilah kami sekelompok orang-orang yang nista kini menengadahkan tangan kepadaMu, senista apapun kami, kami adalah mahluk ciptaan Mu ya Allah. Kami mohon kepadaMu, dihari yang penuh kemuliaan ini ampuni seluruh dosa kami ya Allah.
Rabbana dholamnaa anfusanaa wa illam taghfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khosirin. Ya Allah, ampuni sebusuk apapun diri-diri kami. Ampuni sekelam apapun masa lalu kami, ampuni senista apapun aib-aib kami. Duhai Allah yang Maha Mendengar, ampunilah orang tua kami ya Allah ampuni segala kezaliman kami kepada ibu-bapak kami selama ini. Andaikata kedurhakaan kami menjadi penggelap kehidupan kami, jadikanlah saat ini Kau takdirkan kami menjadi anak yang soleh dan solehah yang dapat menjadi cahaya kemuliaan bagi dunia akhirat kedua orang tua kami
Allahumaghfirlanaa waliwaalidiina warhamhuma kamaa rabbayana shighara...
Ya Allah selamatkan kedua orang tua kami yang berlumur dosa, Islamkan yang belum Islam, beri hidayah bagi yang masih tersesat. Pertemukan bagi yang belum pernah berjumpa dengan ibu-bapaknya ya Allah. Lapangkan kubur bagi yang telah ada di alam kubur. Cahayai, ringankan hisabnya, jadikan ahli syurgaMu ya Allah. Tolong ya Allah, darah dagingnya melekat pada tubuh kami ya Allah. Air matanya, keringatnya... Tolonglah ya Allah, golongkan kami menjadi anak yang tahu balas budi.
Ya Allah selamatkan seluruh anggota keluarga kami. Jangan biarkan keluarga kami menjadi sumber fitnah, beri hidayah bagi yang belum mengenalMu ya Allah. Jangan biarkan keluarga kami cerai-berai, hina di dunia, hina di akhirat.
Rabb, selamatkan guru-guru yang menuntun kami kejalanMu, para ulama yang menafkahkan hidupnya menuntun kami kejalanMu. Selamatkan orang-orang yang selalu mendoakan kami baik terang-terangan maupun tersembunyi.
Ya Allah, Selamatkan orang-orang yang pernah kami zhalimi selama ini,khususnya kaum muslimin yang pernah kami sakiti ya Allah. Jangan biarkan kezhaliman kami menjadi kegelapan bagi dunia akhirat kami Selamatkan kaum muslimin yang pernah menzhalimi kami ya Allah Golongkan kami menjadi pemaaf yang tulus.
Ya Allah ampuni segala kezholiman kami terhadap tubuh kami ini ya Allah Ampuni segala maksiat yang pernah dilakukan oleh jasad ini ya Allah, Bersihkan ya Allah, pada hari ini sebersih-bersihnya. Ijinkan saat akhir hayat tubuh ini menjadi tubuh yang bersih
Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Mendengar Ampuni tetangga-tetangga kami ya Allah, sahabat-sahabat kami, ampuni pula para pemimpin kami ya Allah. Jangan biarkan bangsa kami dipimpin oleh orang-orang yang tidak mengenalMu, oleh orang-orang yang berhianat kepadaMu. Jadikanlah bangsa ini dipimpin oleh orang-orang yang amat mencintaiMu, yang mencintai ummatMu, mencintai agamaMu, yang mencintai hidup lurus dijalanMu.
Ya Allah, tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Mendengar. Berkahilah hari ini ya Allah. Jadikan hari ini hari Engkau jamu siapapun yang bermunajat Demi segala keagunganMu ya Allah, Demi segala janji-janjiMu yang tiada mungkin Kau pungkiri, Ijabahi siapapun yang bermunajat saat ini ya Allah, Amin... amin... ya Allah ya Hayyu ya Qoyyum Birahmatika nastaghiitsu ya Arhamar Raahimiin.
Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minazholimin
Ya Allah bukankah Engkau maha Adil, kami berada di tanah yang paling berkah, Ijabah ya Mujiib, ijabah ya Mujiib...
[berdoalah saudara-saudaraku...]
Ya Allah, berikan kelapangan bagi yang dihimpit kesusahan Ya Allah, berikan jalan keluar bagi yang dililit kesulitan Ya Allah, berikan kecukupan yang selalu kekurangan Ya Allah, bayarkan yang hidupnya dililit hutang-piutang Ya Allah, jangan biarkan kami mati dalam hutang-piutang Ya Allah, angkat derajat yang selalu dihina dan selalu direndahkan Ya Allah, lindungi kaum muslimin-muslimat yang terancam dan teraniaya dimanapun berada ya Allah, khususnya mujahidin-mujahidah yang memuliakan agamaMu. Ya Allah, berikan kelapangan bagi yang sedang dilanda kesusahan, tolonglah jauhkan dari fitnah dan bencana ya Allah, berikan kekuatan dan kesabaran, berikan pendamping terbaik yang merindukannya ya Allah. Rabbana hablanaa min azwaajinaa wadzurriyyatina qurrota a'yun, Waj 'alnaa lilmuttaqiina imaman. Karuniakan kepada bangsa kami rumah tangga yang sakinah ya Allah. Jangan biarkan rumah tangga kami menjadi rumah tangga penuh fitnah Jadikan kaum muslimin ini, suami yang sholeh ya Allah, suami yang jujur, suami yang dapat mempertanggungjawabkan rumah tangganya dihadapanMu. Jangan jadikan suami yang senang menebar fitnah, suami yang berkhianat, Ampuni ya Allah berikan kesempatan untuk kembali kejalanMu Dan jadikanlah kaum muslimah menjadi istri yang sholehah, istri yang ikhlas, istri yang dapat menjadi penyejuk, istri yang benar-benar menjadi ibu yang tulus bagi anak-anaknya. Ya Allah titipkan kepada kami keturunan yang lebih baik daripada kami, jangan biarkan terlahir dari diri kami keturunan-keturunan yang durhaka, keturunan durjana ya Rabb, jangan biarkan ada anak-anak yang mencoreng aib diwajah kami Ampuni jikalau kami salah mendidik mereka ya Rabb Ya Allah, jangan biarkan anak-anak kami menuntut kami di akhirat Robb, utuhkan kami... di dunia mulia, utuhkan kami... di akhirat mulia Ya Allah, hanya Engkaulah pengenggam segala-galanya, kami mohon kepadaMu, terimalah haji kami ini ya Allah Allahummaj 'al hajjan mabruura, wa sa'yan masykuura wa dzanban maghfuura. Jangan biarkan haji kami menjadi fitnah ya Allah Jadikan haji ini benar-benar membawa keberkahan bagi keluarga kami, bagi keturunan kami, bagi lingkungan kami Jangan biarkan kami mencemarkan agama kami dengan haji ini Ya Allah undang kami kembali dengan keluarga kami, dengan sanak saudara kami, dengan sanak keturunan kami, juga dengan tetangga dan sahabat-sahabat kami ya Allah. Wahai yang maha Mendengar, Engkaulah yang menggenggam segala kejadian Jadikan umur yang tersisa ini menjadi seindah-indah umur ya Allah Jadikan siapapun yang bermunajat ini menjadi ahli sholat yang khusyu', ahli tahajjud, ahli shaum ya Allah Jangan biarkan kami jauh dari alQuran-Mu ya Allah Jadikan umur yang tersisa ini menjadi ahli shodaqoh yang tulus, ahli amal yang istiqomah, undang kami semua ke baitullah-Mu ya Allah Jadikan haji-hajjah yang mabrur-mabruroh Ya Allah hanya Engkaulah yang maha tahu akhir hayat kami Allahumma inna nas aluka iimanan kamila wa yaqiinan shodiqon wa qolban khosyi'an wa lisaanan dzaakiran Allahumma inna nas aluka taubatan nashuhaa, wa taubatan qoblal maut, warahmatan 'indal maut, wa maghfiratan ba'dal maut Allahumma hawwin fii syakaratil maut, Allahumma inna nas aluka husnul khotimah wa na'uudzubika min suuil khotimah Ya Allah jadikan sisa umur ini, sisa umur yang selalu dekat denganMu. Andai ajal menjemput kami, cabutlah nyawa ini dalam khusnul khotimah Kami berlindung kepadaMu dari mati suul Khotimah Ya Allah kami mohon selamatkan negeri kami ya Allah Allahummaghfir lilmu'miniin wal mu'minat muslimin wal muslimat, al ahyaai minhum wal amwaat... Ya Allah muliakan agamaMu ini ya Allah Jadikan Islam menjadi jalan keluar bagi bangsa kami ini ya Allah Jadikan para ulamanya bersatu ya Allah Jadikan para ulamanya menjadi suri tauladan bagi ummatMu ya Allah Ya Allah lindungi ummat Islam dari perpecahan ya Allah Lindungi ummat Islam dari kehinaan ya Allah Ya Allah selamatkan kaum mujahidin dimanapun yang teraniaya Ya Allah berikan kelezatan ma'rifat, kesabaran dan kemenangan yaa Arrhamar Rahimin Ya Allah berkahilah kami dihari ini ya Allah, berkahilah bagi siapun yang bermunajat saat ini ya Allah.
Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah Wa Qiina Adzabannar
Rabbana taqobball minna innaka anta samiul 'alim watub alayna innaka antattawaburrahiim Subbahaana rabbika rabbil 'izzati 'ammaa yaashifuun wasalamun alal mursaliin Walhamdulillahirrabil alamiin Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 komentar:

Poskan Komentar

top