TRIBUNNEWS.COM, MADINAH - Jemaah Haji kelompok terbang pertama yang sudah menjalani arbain (sholat 40 waktu di Mesjid Nabawi Madinah) bersiap-siap untuk diberangkatkan ke Mekah pada hari Minggu (30/9/2012) ini. Untuk itu daerah kerja (Daker) Madinah telah mempersiapkan proses pemberangkatan jamaah.
“Kami telah melakukan koordinasi dengan sektor terkait, sektor I-IV, sektor Bir Ali, seksi kedatangan dan kepulangan, serta bimbingan ibadah. Seksi kedatangan dan kepulangan akan mengurusi segala hal yang terkait dengan jadwal keberangkatan, termasuk koordinasi dengan Muasasah Adilla, pihak yang bertugas menjadi penghubung dengan pemilik pemondokan,” ujar Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari kepada wartawan di Madinah, Jumat (28/9/2012).
Jauhari mengungkapkan, ada jamaah yang akan berakhir arbain pada waktu Isya. Namun, mereka akan tetap diberangkatkan pada Subuh.  "Pihak muasasah akan mengatur jadwal keberangkatan pada Subuh. Rombongan jamaah akan diatur menjadi beberapa kloter,’’ ujar Jauhari.
Sedangkan petugas Sektor I hingga IV akan bertugas mengatur keberangkatan jamaah dari hotel. Para petugas yang terdiri atas 18 orang itu akan terbagi menjadi dua tim dan mereka akan bertugas di Bir Ali yang merupakan tempat miqat atau tempat memakai ihram dan juga tempat berniat umrah.
Untuk menjaga kesehatan para calon haji ini, Jauhari memastikan akan ada petugas yang melakukan pengecekan. Tugas ini adalah tanggung jawab dari tiap kloter. Bila ada jamaah yang harus menjalani perawatan, ada tim evakuasi yang bersiaga, yaitu dari Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) dan bagian bimbingan ibadah.
Selanjutnya, mekanisme keberangkatan akan diatur oleh sektor. Jauhari memaparkan, bila berangkat setelah shalat Subuh, biasanya persiapan telah dilakukan sejak pukul 04.00.
"Semua barang sudah diturunkan dan bus telah ada sekitar tiga jam sebelum jamaah berangkat,’’ ujarnya.
Bir Ali adalah tempat miqat bagi penduduk Madinah yang akan berumrah atau berhaji, sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Masjid Bir Ali hanya berjarak kurang lebih 20 menit dari Madinah. Jarak Bir Ali ke Mekah sekitar 450 km yang biasa ditempuh dalam 4-6 jam. Dan sepanjang jalan itu pula, jamaah mulai mematuhi beberapa larangan ihram.

0 komentar:

Poskan Komentar

top