Keramaian di Masjid Nabawi (bagus kurniawan/detikcom)
Madinah Sekitar 24.893 jamaah haji Indonesia dari 62 kloter berada di Masjid Nabawi. Pada hari keempat kedatangan jamaah haji Indonesia 1433 H, sekitar Masjid Nabawi Kota Madinah Al Munawarroh semakin dipadati jamaah. Usai salat di masjid, banyak jamaah yang tersesat karena tidak tahu jalan pulang menuju pondokan. 

Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 14323 H/2012 semakin sibuk membantu mengantar jamaah tersesat menuju pondokan. "Yang paling banyak menemukan jamaah haji yang tersesat di Sektor Khusus di sekitar Masjid Nabawi," ungkap Kasie Pengamanan dan Kasus, Letkol Payumi di kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Selasa (25/9/2012). 

Menurut dia, hampir setiap hari ada jamaah haji yang tersesat seusai salat di masjid. Jamaah tersesat kebanyakan seusai salat Subuh, Ashar dan Isya. Jika dihitung setiap harinya bisa di atas 100 orang setiap harinya. 

"Kebanyakan yang tersesat bapak atau ibu-ibu yang sudah lanjut usia atau terpisah dari rombongan seusai salat" katanya.

Payumi memberikan tips, bila jamaah tersesat tidak perlu bingung mencari langsung teman atau rombongannya. Di sekitar masjid ada sektor khusus atau petugas berseragam PPIH yang akan membantu mengantar menuju pondokan.

Sementara itu, Kepala Daker Madinah Akhmad Jauhari menambahkan kebanyakan jamaah tersesat karena kehilangan orientasi saat melihat banyak gedung tinggi dan hampir sama bentuknya. Selain itu, mereka juga tidak hapal jalan masuk menuju masjid. Namun ada pula yang tersesat karena terpisah dari rombongannya. 

"Masjid Nabawi kan banyak pintu masuknya. Kadangkala usai salat mereka langsung mengikuti jamaah lainnya dan ternyata keluar ke arah pintu utama. Yang nyasar tidak hanya orang-orang tua, tapi yang muda pun juga ada," kata Akhmad Jauhari.

Seusai salat subuh hari ini, Selasa (25/9/2012), ada beberapa jamaah yang kebingungan mencari jalan ke pondokan. Jamaah yang tersasar di depan pintu utama masjid Nabawi, oleh petugas langsung di antar menuju sektor khusus maupun sektor yang lebih dekat. Dari tempat itu mereka ada dibawa menuju sektor I yang lebih dekat dan kemudian diantar pulang.

Jamaah tersebut diantaranya rombongan dari embarkasi Medan MES 1, MES 4, embarkasi Surabaya SUB 1, dan embarkasi Padang PDG 1. Seorang jamaah perempuan asal Pasaman Barat Sumbar ditemukan kebingungan seorang diri di depan pintu utama masjid.

Dia mengaku sejak dari hotel sudah ditinggal teman sekamarnya saat akan salat Subuh di masjid. "Saya berangkat sendiri ke masjid. Saya masih sakit kurang enak badan, karena tidak bisa jalan cepat saya ditinggal," katanya di Sektor I Madinah.
http://news.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

top