Dearborn Mosque di Michigan, USA
Cyber Sabili-Amerika: Jumlah masjid di Amerika Serikat melonjak 74% dalam satu dekade terakhir. Padahal protes terhadap pendirian masjid-masjid baru di New York, Tennessee dan California selalu menjadi berita utama.
Jumlah keseluruhan masjid di Amerika naik dari total 1.209 pada tahun 2000 menjadi 2.106 pada tahun 2010.
Dan sebagian besar pemimpin umat Islam mengatakan, masyarakat Amerika tidak memusuhi Islam, kata laporan sebuah sensus menyeluruh tentang masjid AS dan survei terhadap para imam, para ketua masjid dan anggota dewan masji yang dirilis hari Rabu (29/2).
“Ini (umat Islam) adalah komunitas yang sangat sehat,” kata pemimpin peneliti dan penulis studi, Ihsan Bagby, seorang profesor studi Islam di Universitas Kentucky, Selasa(28/2).
“Para pemimpin Masjid merasa baik, lebih baik daripada yang mereka lakukan pada tahun 2000″ ketika sebuah penelitian serupa yang dilakukan.
Mereka juga ikut terlibat dalam survei ini. Studi ini menemukan “98% dari para pemimpin masjid mengatakan umat Islam harus terlibat dalam lembaga Amerika dan 91% setuju bahwa umat Islam harus terlibat dalam politik.”
Penelitian ini mengatakan, “Masjid Amerika yang dibangun 2011,” banyak disponsori oleh The Hartford Institute For Religion Research (Hartford Seminary), Asosiasi Statistik dari Badan Keagamaan Amerika, serta kelompok besar sipil dari berbagai bangsa dan kelompok keagamaan, termasuk Masyarakat Islam Amerika Utara dan Dewan Hubungan Amerika-Islam.
Beberapa temuan survei:
• Negara bagian yang paling banyak masjid adalah New York (257), California (246) dan Texas (166).
• Kebanyakan masjid berada di kota-kota, tetapi wilayah pinggiran kota meningkat dari 16% pada 2000 menjadi 28% pada tahun 2010.
• Masjid mewakili beragam etnis. Para jemaah masjid utamanya berasal dari Asia Selatan, Arab dan Afrika Amerika, dan ditambah dengan meningkatnya jumlah imigran baru termasuk dari Somalia, Afrika Barat dan Irak. Studi ini tidak termasuk masjid dari Nation of Islam yang berbasis di Chicago karena dianggap agama yang terpisah, bukan agama Islam asli.
• Kebanyakan pemimpin masjid (87%) mengatakan bahwa dari pengalaman mereka sendiri “radikalisme dan ekstremisme” tidak meningkat di kalangan pemuda Muslim,” dan Mereka mengatakan,” tantangan yang lebih besar adalah menarik dan menjaga mereka supaya selalu dekat dengan masjid.”
Meskipun studi ini tidak mengklaim berapa banyak Muslim di Amerika Serikat, Bagby memperkirakan ada 2,6 juta “jemaah masjid”, yaitu mereka yang telah menghadiri shalat Idul Fitri atau shalat Jumat ataupun jemaah masjid yang hitung oleh survei pemimpin masjid.
Bagby berkata, ia mendapatkan jumlah ini dengan mengambil laporan kehadiran jemaah di masjid, yang dilaporkan oleh pemimpinan masjid dan kemudian mengalikan jumlah rata-rata peserta dengan jumlah masjid.
Dari laporan itu, Bagby menyimpulkan: “jika ada 2,6 juta Muslim yang ikut shalat Idul Fitri, maka perkiraan Bagby total populasi Muslim Amerika lebih dari 7 juta.”
Namun, tidak ada survei lain yang memperkirakan jumlah sebanyak ini bahkan perkiraan survei dari lembaga lain mengatakan, Muslim di Amerika Serikat tidak sampai 3 juta.
Sebagai contoh, survei 2010 tentang populasi Muslim global oleh Pew Forum On Religion & American Life menemukan ada 2,6 juta Muslim, termasuk orang dewasa dan anak-anak, di negara ini.
Dan survei 2011 oleh kelompok riset yang sama menemukan 2,75 juta Muslim, termasuk 1,8 juta orang dewasa.
Bagby membantah hasil penelitian survei dari kelompok lain, dengan mengatakan mereka meremehkan karena mereka mensurvei berdasarkan pada wawancara telepon acak sedangkan banyak umat Islam, terutama imigran, tidak mau membahas agama mereka dengan orang asing lewat telepon.
Padahal penelitian Pew menempuh beberapa cara meliputi wawancara telepon, juga informasi dari data dari Biro Sensus dan otoritas imigrasi yang menggunakan data informasi kelahiran negara bagian disertai dengan data dari survei persentase perorangan atau perkelompok termasuk kelompok berbagai agama dari dari setiap negara bagian.(UST)
Sumber : Sabili

0 komentar:

Poskan Komentar

top