Bahagia Di Usia Senja


Rambut beruban, tulang menjadi rapuh, kulit keriput, telinga kurang peka, syahwat melemah merupakan tanda dekatnya kematian. Seharusnya hal-hal itu menjadikan seseorang bertambah dzikrullah, tetapi umumnya orang bertambah malas beribadah, semakin rakus dunia, semangat  berbuat syirik, bid’ah, dan zina. Apakah demikian fungsi umur kita?
Makna ayat secara umum
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di berkata, “Bukankah Kami (Allah) memberi umur kepadamu sekian tahun sebagai peringatan bagi yang mau beramal dengan mengambil peringatan ini? Kami telah memberi kenikmatan kepadamu di dunia dengan rezeki yang cukup, dan kenikmatan lainnya sehingga hidupmu merasa nyaman, Kami panjangkan umurmu, lalu Kami ser-takan pula ayat-ayat Kami, Kami utus pula utusan pemberi peringatan, Kami uji kalian dengan suka dan duka, agar kamu kembali kepada hukum-Ku, sehingga bila kamu kembali kepada-Ku tidak lagi menyampaikan udzur kepada-Ku. Akan tetapi, peringatan ini kamu abaikan. Walaupun demikian, Kami tunda siksaan-Ku kepadamu sampai datang kematianmu. Kamu akan meninggalkan kampung dunia ini menuju kampung pembalasan amal, lalu kamu minta dikembalikan di dunia?
Sungguh amat jauh dan tidak mungkin, karena waktunya telah lewat. Sungguh Dzat yang Maha Belas Kasihan marah kepadamu, kamu dilupakan ahli surga, silakan kamu menempati neraka selama-lamanya dan rasakan siksa Allah  yang sangat pedih.”
Berapa Umur Manusia?
Umur kita lebih pendek daripada umat sebelumnya. Umur yang pendek ini menjadi kesempatan emas bagi orang yang mau beriman dan beramal shalih, dan sebaliknya, kerugian besar bagi yang tertutup hatinya. Tahukah berapa umur umat ini? Dari keterangan ayat di atas, ulama berbeda pendapat standar umur yang Allah berikan kepada umat Nabi Muhammad. Ada yang berpendapat 40 tahun, 46 tahun, 70 tahun, 60 tahun, 23 tahun. Begitulah ahli tafsir dan para ulama sunnah menerangkan ayat di atas.
(Sumber: alfurqon

0 komentar:

Posting Komentar

Murottal Quran 30 Juz Sheikh Maahir Al Mu'ayqali

Shalat Tepat Waktu !

KOLEKSI CERAMAH MP 3

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Al Qur'anku

Mushaf Al Qur'an

Jazakumullah Khayran

Daftar Isi

Al Qur'an dan Murotal

TvQuran

Kajian Ilmu Tajwid