Empat Malaikat yang Menyertai Manusia
Bismillah
was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Ada banyak malaikat yang
menyertai manusia, dari sejak mereka diciptakan di rahim ibunya, hingga di hari
kematiannya, bahkan ketika mereka di alam kubur hingga hari kiamat.
Di artikel ini, kita akan
melihat penjelasan tentang pengertaan malaikat dengan manusia ketika di dunia,
Pertama,
Mereka menyertai manusia ketika proses penciptaannya di rahim ibunya,
Dalam hadis dari Anas bin
Malik radhiyallahu
‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَكَّلَ اللَّهُ
بِالرَّحِمِ مَلَكًا فَيَقُولُ أَىْ رَبِّ نُطْفَةٌ ، أَىْ رَبِّ عَلَقَةٌ ، أَىْ
رَبِّ مُضْغَةٌ . فَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَقْضِىَ خَلْقَهَا قَالَ أَىْ
رَبِّ ذَكَرٌ أَمْ أُنْثَى أَشَقِىٌّ أَمْ سَعِيدٌ فَمَا الرِّزْقُ فَمَا الأَجَلُ
فَيُكْتَبُ كَذَلِكَ فِى بَطْنِ أُمِّهِ
Allah
mengutus seorang malaikat untuk rahim, lalu beliau mengatakan, ‘Ya Allah, ini
nutfah.’ ‘Ya Allah, ini segumpal darah.’ ‘Ya Allah, ini segumpal daging.’
Ketika Allah hendak menyelesaikan penciptaannya, beliau bertanya, ‘Ya Allah,
lelaki atau perempuan? Apakah dia orang yang celaka atau bahagia? Bagaimana
rizkinya? Bagaimana ajalnya?’ akhirnya ditetapkan untuknya semua ketetapan itu
di perut ibunya. (HR. Bukhari 6595 dan Muslim 2646)
Kedua,
Malaikat penjaga fisik manusia
Allah berfirman,
لَهُ
مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ
اللَّهِ
“Bagi
manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan
di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.” (QS.
ar-Ra’du: 11)
Dalam ayat di atas, Allah
menyebut malaikat ini dengan sebutan Mu’aqibat – yang artinya silih berganti.
Karena mereka datang pergi, lalu digantikan malaikat lainnya.
Ketika membahas ayat di atas,
al-Hafidz Ibu Katsir menyebutkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu
‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَتَعَاقَبُونَ
فِيكُمْ مَلاَئِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلاَئِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِى
صَلاَةِ الْفَجْرِ وَصَلاَةِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ
فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِى
فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّون
“Para
Malaikat dimalam dan siang hari silih berganti mengawasi kalian, dan mereka
berkumpul pada saat shalat Subuh dan shalat Ashar, kemudian para malaikat yang
mengawasi kalian semalam suntuk naik (ke langit). Allah menanyakan kepada
mereka, padahal Dia lebih mengetahui dari mereka, “Dalam keadaan apakah kalian
tinggalkan hamba-hamba-Ku?” Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam
keadaan mengerjakan shalat” (HR. Ahmad 8341,
Bukkhari 555, Muslim 1464 dan yang lainnya).
Al-Hafidz Ibnu Katsir
mengatakan,
للعبد ملائكة
يتعاقبون عليه، حَرَس بالليل وحَرَس بالنهار، يحفظونه من الأسواء والحادثات، كما
يتعاقب ملائكة آخرون لحفظ الأعمال من خير أو شر، ملائكة بالليل وملائكة بالنهار
Bagi setiap hamba ada
malaikat yang silih berganti menjaga di waktu malam dan di waktu siang. Mereka
menjaga manusia dari setiap kejahatan dan kecelakaan. Sebagaimana ada malaikat
lain yang menjaga amal manusia, yang baik maupun yang buruk, ada yang menjaga
siang dan malam.
Kemudian Ibnu Katsir
melanjutkan keterangannya tentang malaikat siang dan malam,
فاثنان عن اليمين
و[عن] الشمال يكتبان الأعمال، صاحب اليمين يكتب الحسنات، وصاحب الشمال يكتب السيئات،
وملكان آخران يحفظانه ويحرسانه، واحدا من ورائه وآخر من قدامه، فهو بين أربعة
أملاك بالنهار، وأربعة آخرين بالليل
Dua di kanan dan di kiri,
mereka mencatat setiap amal. Yang di kanan mencatat amal baik dan di kiri
mencatat amal buruk. Sementara dua malaikat lainnya menjaga. Satu di depan dan
satu di belakang. Sehingga jumlahnya ada 4 malaikat siang dan 4 malaikat
lainnya di malam hari. (Tafsir Ibnu Katsir, 4/437).
Selanjutnya Ibnu Katsir
membawakan riwayat tafsir dari tabiin,
وقال مجاهد: ما
من عبد إلا له مَلَك موكل، يحفظه في نومه ويقظته من الجن والإنس والهوام، فما منها
شيء يأتيه يريده إلا قال الملك: وراءك إلا شيء يأذن الله فيه فيصيبه
Mujahid mengatakan, setiap
hamba disertai malaikat yang diutus. Dia menjaga hamba ini ketika tidur dan
ketika sadar. Dari setiap gangguan jin dan binatang berbahaya. Setiap kali ada
gangguan yang datang keadanya, maka malaikat ini mengingatkan, “Awas,
hati-hati.” Kecuali musibah yang telah Allah takdirkan, dan pasti mengenainya.
(Tafsir Ibnu Katsir, 4/438).
Ada seseorang yang mengatakan
kepada Ali bin Abi Thalib,
“Ada sekelompok orang dari
daerah Murad ingin membunuh anda.”
Ali mengatakan,
إن مع كل رجل
ملكين يحفظانه مما لم يُقدَّر ، فإذا جاء القدر خليا بينه وبينه ، إن الأجل جُنَّة
حصينة
Setiap orang selalu disertai
malaikat yang menjaganya dari marabahaya yang belum ditaqdirkan untuk
mengenainya. Ketika taqdir buruk itu datang, maka malaikat itu menyingkir
darinya. Sesungguhnya ajal itu tameng yang terlindungi. (al-Bidayah wa
an-Nihayah, 1/54).
Malaikat Mu’aqibat yang
disebutkan dalam ayat di ar-Ra’du, juga Allah sebutkan di ayat yang lain,
وَهُوَ
الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّى إِذَا جَاءَ
أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ
“Dialah
yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya
kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada
salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan
malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.” (QS.
al-An’am: 61)
Ketiga,
Malaikat pencatat amal perbuatan manusia
Setiap manusia selalu
diiringi malaikat pencatat amal yang baik maupun yang buruk, amal besar maupun
kecil.
Allah berfirman,
وَإِنَّ
عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ . كِرَامًا كَاتِبِينَ . يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ
Padahal
sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),
yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu),
mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.
al-Infithar: 9-12).
Allah juga berfirman,
وَلَقَدْ
خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ
أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ . إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ
عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ . مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا
لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
Sesungguhnya
Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya,
dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, (16) (yaitu) ketika dua
orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan
yang lain duduk di sebelah kiri. (17) Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya
melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. (QS.
Qaf: 16 – 18)
Malaikat yang berada di
sebelah kanan, mencatat kebaikan. Sementara malaikat di sebelah kiri, mencatat
keburukan.
Dari Abu Umamah radhiyallahu
‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إن صاحب الشمال
ليرفع القلم ست ساعات عن العبد المسلم المخطئ ، فإن ندم واستغفر الله منها ألقاها
، وإلا كتبت واحدة
Malaikat
di sebelah kiri mengangkat pena catatan amal selama 6 jam ketika ada seorang
hamba muslim yang melakukan maksiat. Jika dia menyesal dan beristighfar kepada
Allah dari maksiat itu, maka malaikat ini tidak jadi mencatatnya. Jika tidak,
maka malaikat ini akan mencatatnya satu kesalahan. (HR.
Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, 8/158 dan dishahihkan al-Albani)
Dari keterangan di atas, bisa
kita simpulkan bahwa malaikat yang menyertai manusia setelah dia dilahirkan ada
empat: 2 malaikat penjaga fisik manusia dan 2 malaikat pencatat amal manusia.
Ibnu Katsir menjelaskan,
فاثنان عن اليمين
والشمال يكتبان الأعمال صاحب اليمين يكتب الحسنات وصاحب الشمال يكتب السيئات .
وملكان آخران يحفظانه ويحرسانه ، واحد من ورائه وآخر من قدامه . فهو بين أربعة
أملاك بالنهار وأربعة آخرين بالليل
Dua malaikat di sebelah kanan
dan kiri, mencatat amal. Yang berada di kanan mencatat kebaikan, dan yang di
sebelah kiri mencatat keburukan. Dua malaikat lainnya menjaga fisik manusia.
Satu di belakang hamba dan satunya di depan hamba. Sehingga manusia selalu
disertai 4 malaikat di siang hari dan 4 malaikat di malam hari. (Tafsir Ibnu
Katsir, 2/504).
Demikian, Allahu
a’lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar