Anda yang sering bergelut dalam khazanah keislaman, khususnya yang bisa atau sedang belajar Bahasa Arab, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya software "Maktabah Syamilah". Sebuah software gratis yang bersifat portable, yang menampung ribuan buku atau kitab berbahasa Arab ataupun bahasa lainnya yang bisa dibaca, ditelusuri, disalin maupun diedit dengan leluasa dan mudah. Bagaikan perpustakaan digital yang lengkap dan interaktif. Itu untuk pengguna PC, komputer atau laptop. Nah, bagi dengan pengguna tablet atau smartphone yang bersistem Android? Adakah software semacam yang bisa berjalan di system operasi Android.

Alhamdulillah, setelah mencari dan menelusuri Google Play, toko online Google yang menampung apps atau aplikasi Andoroid, kami akhirnya menemukan aplikasi semacam Maktabah Syamilah. Jinaan, namanya. Ada versi gratis, ada versi berbayar. Tapi versi gratis sudah lumayan komplit dan mumpuni. Yang lebih hebat lagi dan sangat patut disyukuri, meskipun perangkat Android anda bukan versi Arab, tetap bisa menampilkan semua tulisan Arab dan buku-buku yang ada di dalam Jinaan, persis seperti tulisan Arab aslinya, mulus tanpa putus-putus sedikitpun. Langsung saja kita ke TKP (Tempat Kejadian Perkara), Google Play! :-)

Dalam Google Play, ketik kata "jinaan" dalam kotak pencarian (Search). Akan tampak aplikasi Jinaan Free pada daftar teratas, tap item Jinaan Free tersebut, lanjutkan terus hingga menemukan tombol Install, tap tombol tersebut, tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah selesai, buka Jinaan hingga tampak tampilan awalnya seperti di bawah ini:

Tap untuk masuk dalam aplikasi Jinaan. Tampak ada beberapa menu berbahasa Arab seperti: "kitab-kitab terpilih" (كتب منتقاة), "yang terakhir dibaca" (آخر مطالعتي), "kitab-kitab umum" (المكتبة العامة), "kitab-kitab khusus koleksi pribadi" (مكتبتي الخاصة), dan lain-lain. Menu "Al-Maktabah Al-'Ammah" berarti koleksi kitab-kitab secara umum atau keseluruhan yang dimiliki oleh server Jinaan. Sedang menu "Maktabati Al-Khasshah" berarti koleksi kitab-kitab yang telah anda download dan sekarang telah tersimpan dalam perangkat Android anda atau tempat penyimpanan eksternalnya (seperti SD Card). Semua kitab-kitab yang telah tersimpan di sini bisa anda baca kapan saja, tanpa perlu terhubung ke internet. Bukalah menu "kitab-kitab umum", akan tampak daftar judul-judul buku, tap salah satu judul buku sehingga muncul kotak "download" () yang berikon tanda panah. Klik kotak download tersebut, tunggulah hingga proses download kitab selesai. Terkadang proses download ini gagal atau error. Hal ini mungkin disebabkan server Jinaan lagi down. Tidak perlu kecewa. Cobalah di waktu yang lain dan judul yang lain. InsyaAllah lebih sering proses download tersebut lancar ketimbang gagal atau macet.

Setelah proses download kitab selesai, cobalah buka menu "Maktabati Al-Khasshah" yang menampung semua kitab-kitab yang telah pernah anda download. Tap judul buku yang ingin anda buka atau baca. Tunggu sebentar sampai proses membuka atau memuat kitab tersebut selesai. Terkadang proses pembukaan atau menampilkan isi kitab ini cukup lama, tergantung spesifikasi perangkat Android anda dan tergantung pula ukuran halaman kitab tersebut. Tunggu saja sampai tampaklah isi dari kitab yang ingin dibaca itu.

 

Bila pada tampilan isi buku tersebut anda tap, akan muncul tampilan ikon-ikon untuk mengakses fitur-fitur yang dimiliki oleh Jinaan seperti tampak pada gambar di bawah ini:


Sekarang anda bisa mengakses fitur-fitur atau setting yang disediakan oleh Jinaan. Diantaranya tampak fitur pengaturan jenis dan ukuran font yang cukup penting dan menakjubkan untuk dicoba. Fitur apalagi yang tersedia dan sangat berguna? Cobalah tap dan tahan (tekan) sejenak pada tampilan halaman buku, maka akan tampak kotak dialog Copy seperti di bawah ini. Tap tulisan Copy tersebut, maka tampil kembali halaman isi dari kitab. Tap dan tahan (tekan) lagi sejenak tulisan itu maka akan tampak kotak dialog Select Word (memilih kata yang akan dicopy) atau Select All (untuk memilih seluruh tulisan yang ada di halaman tersebut untuk dicopy atau disalin. Tap salah satunya maka tampaklah halaman tulisan kitab yang telah disorot (highlight) sebagian. Aturlah kata-kata yang disorot sesuai dengan yang ingin anda copy atau salin. Lalu tap ikon copy. Setelah itu bukalah aplikasi apa saja yang ingin anda paste ke dalamnya. 




Fitur apa lagi yang dimiliki oleh Jinaan? Masih banyak. Salah satu yang penting diantaranya adalah "pencarian kata". Anda bisa mencari satu kata atau frasa tertentu yang terdapat dalam kitab-kitab koleksi anda. Tentu saja dengan menggunakan fitur keyboard berbahasa Arab (bisa menggunakan Multiling Keyboard bila perangkat Android anda bukan versi Arab). Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Masih banyak lagi fitur-fitur lain yang terdapat dalam aplikasi Jinaan. Silakan anda utak-atik sendiri. Yang jelas, dengan memiliki aplikasi Jinaan, sekarang anda telah memiliki perpustakaan kitab-kitab Islami berbahasa Arab dalam tablet atau smartphone anda yang bisa anda bawa kemana saja dan baca kapan saja anda menemukan waktu dan tempat yang tepat.

http://mediadidik.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

top