Penggantian dilakukan dengan cara dan bantuan alat khusus. Kiswah baru di pasangkan di atas kiswah lama dan menutupi ka'bah, sebelum kiswah lama dilepas. Ujung kain diberi logam pemberat, sehingga kiswah bisa menjulur ke bawah dengan baik.

Kiswah diproduksi oleh sebuah pabrik khusus di Umm Al Judah, pinggiran kota Makkah. Sepanjang tahun, pabrik tersebut hanya mengerjakan pembuatan kiswah baru.

Kiswah besarnya mencapai 658 meter persegi, terdiri dari 47 bagian masing-masing memiliki panjang 14 meter dan lebar 95 cm. Kutipan ayat-ayat al-Qur`an dibordir di atas kain kiswah dengan menggunakan benang terbuat dari emas dan perak.

Satu kiswah bernilai 20 juta riyal, menggunakan 670 kilogram sutra murni, 150 kilogram enang emas dan perak. Kiswah merupakah salah satu seni Islam yang sangat elok.

Setiap tahun dilakukan penggantian kiswah. Penutup ka'bah yang lama kemudian dipotong-potong kecil dan diberikan kepada sejumlah individu, para pejabat asing yang mengunjungi Kerajaan Saudi dan berbagai organisasi.[hidayatullah/lip6/im]

0 komentar:

Poskan Komentar

top